Moskow (ANTARA News) - Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengumumkan bahwa KTT G20 yang akan datang bertujuan untuk mencapai hasil nyata positif, meningkatkan kehidupan jutaan orang di seluruh dunia, menurut laporan AFP Minggu.

"Ini bukan festival pembicaraan. Ini adalah pertemuan puncak ekonomi - sehingga akan fokus pada apa yang dapat dilakukan untuk menciptakan lapangan kerja, mengidentifikasi penipu pajak, dan meningkatkan ekonomi dunia," kata Abbot dalam satu pernyataan, yang dikutip oleh AFP, lapor RIA Novosti.

"Kami memiliki tujuan yang sangat jelas - untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi global sebesar dua persen di atas apa yang saat ini harapkan selama lima tahun ke depan," tambahnya.

Negara-negara G20 mempertimbangkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan lebih berkelanjutan sebagai salah satu prioritas tertinggi untuk 2014.

"Penguatan pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja adalah prioritas utama kami, dan kami berkomitmen penuh untuk mengambil tindakan tegas untuk kembali ke jalur pertumbuhan yang berkelanjutan dan seimbang, kuat, banyak lapangan kerja.

"Kami akan mengidentifikasi hambatan utama yang masih harus diatasi dan reformasi yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan yang lebih kuat, lebih berkelanjutan dan seimbang dalam ekonomi kita," menurut pernyataan yang disampaikan dalam Deklarasi para Pemimpin G20 di St. Petersburg.

KTT G20 2014 akan berlangsung pada 15-16 November di Brisbane, Australia.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mempromosikan dialog dan kerja sama antara negara-negara industri dan negara berkembang dengan penekanan khusus pada penciptaan lapangan kerja, transparansi pasar keuangan, pencegahan pendanaan terorisme dan memastikan ketahanan ekonomi terhadap guncangan potensial dan fluktuasi. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014