Peserta ini akan diumumkan ke media massa untuk publik, kita butuh masukan publik,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan masyarakat akan turut menilai integritas peserta yang mengisi jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Peserta ini akan diumumkan ke media massa untuk publik, kita butuh masukan publik," katanya di Jakarta, Jumat.

Penilaian masyarakat, katanya, menjadi salah satu tahapan yang akan diikuti peserta yakni dalam tahapan uji kelaikan publik.

Ia mengatakan masyarakat dapat menilai dan memberi masukan berkenaan dengan komitmen, perilaku dan kejujuran calon peserta pengisian jabatan tersebut.

Sebelumnya, Mardiasmo mengatakan seleksi tersebut diharapkan dapat memberikan calon-calon berkualitas yang akan disampaikan ke Menteri Keuangan yang kemudian dipilih Presiden.

"Kita menginginkan calon yang mumpuni baik keahlian, kapasitas kapabilitas, maupun track record bagus dan tidak cacat," tuturnya.

Ia mengatakan masyarakat dapat memberi masukan melalui media surat elektronik di alamat seleksiterbuka@kemenkeu.go.id, faksimili di nomor (021) 3456548 atau PO BOX 1000 JKP 10000.

"Dalam uji kelaikan publik, masyarakat langsung menilai integritas peserta dari semua hal," katanya.

Mardiasmo mengumumkan sebanyak 73 orang lolos pemeriksaan dan seleksi administrasi untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian Keuangan dari total 87 peserta.

Dari peserta yang lulus itu, sebanyak 52 peserta dari Kementerian Keuangan dan 21 lainnya dari luar Kementerian Keuangan dengan rincian 28 peserta mencalonkan diri sebagai Direktur Jenderal Pajak, lima orang untuk jabatan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan 16 orang untuk jabatan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Sebanyak 10 orang untuk jabatan Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara dan 14 orang untuk jabatan Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi (OBTI).

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014