Karya jurnalistik yang dilombakan meliputi karya tulis, karya foto, karya siar televisi dan karya siar radio,"
Surabaya (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Timur menggelar lomba memperebutkan Piala Prapanca sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karya jurnalistik, khususnya sepanjang tahun 2014.

"Karya jurnalistik yang dilombakan meliputi karya tulis, karya foto, karya siar televisi dan karya siar radio," ujar Ketua PWI Cabang Jatim, Akhmad Munir, di Surabaya, Kamis.

Ia menjelaskan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2015.

Kepala Biro LKBN Antara Provinsi Jatim tersebut juga mengatakan bahwa salah satu tugas pokok organisasi PWI yakni melakukan pembinaan terhadap anggotanya, terutama melalui karya-karyanya.

"Pembinaan itu salah satunya adalah meningkatkan karya dan mutu wartawan dan diharapkan melalui Lomba Prapanca inilah kami berharap kualitas tulisan kawan-kawan jurnalis semakin bagus," katanya.

Koordinator Lomba Prapanca, Indro Sulistyo, menyampaikan bahwa hasil karya wartawan yang bisa diikutkan dalam lomba ini adalah pernah diterbitkan di media massa dengan rentang waktu 1 Januari hingga 31 Desember 2014.

"Pendaftaran sudah dibuka mulai sekarang dan akan ditutup 28 Februari 2015," katanya.

Peserta yang mengikuti, kata dia, harus menyerahkan hasil karyanya sesuai ketentuan yang ditetapkan panitia di Sekretariat PWI Jalan Taman Apsari Surabaya.

Masing-masing kategori, lanjut mantan Kepala LKBN Antara Biro Ambon itu, akan ditentukan satu pemenang Piala Prapanca dan tiga nominasi.

"Pemenang tiap kategori berhak atas hadiah uang sebesar Rp7,5 juta, sedangkan tiga nominasi untuk tiap kategori masing-masing memperoleh hadiah uang tunai Rp1,5 juta," kata pengurus KONI Jatim tersebut.

Sementara itu, tahun lalu peserta Lomba Prapanca dari seluruh Jawa Timur mencapai 100 peserta, dan pihaknya berharap kali ini pesertanya lebih banyak karena sepanjang 2014 banyak momen menarik di Negeri ini.

Meski tidak menarget jumlah peserta, pihaknya berharap wartawan berbondong-bondong mengikuti untuk menunjukkan kualitas karyanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015