Kami tidak mengklaim bahwa kami sempurna... Ketidaksempurnaan justru dapat mencetuskan sepak bola yang cemerlang juga
Barcelona (ANTARA News) - Menang adalah menang, tidak ada setengah menang atau seperempat menang, demikian nukilan mengenai arti sejati dari menang. Tidak bisa dipungkiri bahwa pasukan Barcelona tidak mudah mengalahkan Villareal dalam duel pekan ke-21 (1/2) yang berakhir dengan skor 3-2.

Mau susah payah, atau payah susah, sejatinya menang adalah menang. Kini, Barcelona segera membuktikan legitimasi dari menang dengan bersiap menghadapi Villareal dalam semifinal pertama Piala Raja yang digelar pada Rabu waktu setempat (11/2) atau Kamis dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan MNC TV.

"Kami tidak mengklaim bahwa kami sempurna," kata manajer Barcelona, Luis Enrique. "Tidak mungkin menjadi sempurna. Ketidaksempurnaan justru dapat mencetuskan sepak bola yang cemerlang juga."

Enrique memaknai menang dengan sederet prestasi gemilang berkat kerja menawan. Di klasemen ajang La Liga, Blaugrana kini terpaut satu poin dari Real Madrid yang berada di peringkat teratas.

Di arena Liga Champions, Lionel Messi dan kawan-kawan mampu melesat ke babak 16 besar menghadapi Manchester City. Dan di Piala Raja, Barca melenggang ke babak semifinal.

Kemenangan demi kemenangan Barcelona terwujud berkat kesungguhan hati, bukan meminta bahkan mengiba belas kasihan lawan. Kompetisi sengit justru menghantar Blaugrana sampai kepada jembatan emas kemenangan melawan setiap lawan.

Kalau saja kemenangan dapat diterjemahkan dan disejajarkan dengan keindahan, maka percik "yang indah" dari lukisan maestro dunia Van Gogh menyinari sekujur tubuh penggawa skuad asuhan Enrique itu.

Sementara, Villareal di bawah arahan pelatih Marcelino Garcia boleh berbangga karena ini kali pertama mereka mencapai babak semifinal dalam perjalanan sejarah klub. Mereka disebut-sebut punya energi serangan yang cepat dan serangan yang titis mengarah jantung pertahanan lawan.

Data dan fakta kedua tim:

Barcelona:

* Martin Montoya masih perlu berjuang keluar dari dekapan cedera beberapa hari ke depan. Ini boleh jadi menjadi keprihatinan dari pelatih Enrique.
* Penjaga gawang Marc-André ter Stegen memerlukan dukungan bek yang tanggung. Boleh jadi pilihannya jatuh kepada Dani Alvez dan Jordi Alba yang dapat juga beroperasi di lini sayap.
* Di lini bek tengah, sulit dilakukan prediksi. Posisi ini kerapkali diisi oleh Marc Bartra dalam sejumlah laga di ajang Copa. Besar kemungkinan ia bakal dimainkan, hanya saja Javier Mascherano telah absen dalam dua laga berturut-turut.
* Peran Sergio Busquets demikian sentral. Ini artinya Mascherano dan Bartra tidak bisa tidak bertandem bareng dengan Gerard Pique. Duet Piqué dan Mascherano begitu ideal.
* Di lini gelandang, Busquets berperan sebagai pemain jangkar. Hanya saja, Enrique dalam beberapa pekan ini melakukan rotasi dengan menurunkan Andrés Iniesta, yang bakal berduel dengan salah satu penggawa andalan Villareal, Rafinha Alcântara.
* Villareal perlu ekstra hati-hati dengan trio lini depan Blaugrana: Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez. Kata kunci dari trio MNS yakni: serang, serang, serang!

Villareal:
* Sebagai pelatih, Marcelino perlu mengoptimalkan jalinan kerjasama tim karena pertandingan ini dihelat di Camp Nou. Mereka perlu lebih merapatkan barisan pertahanan menghadapi bombardir serangan bertubi-tubi dari trio MNS.
* Mantan striker Barca Giovani Dos Santos, Vietto dan Cheryshev tidak boleh dipandang remeh dalam menggalang serangan balik yang cepat dan titis. Skenario ofensif mereka didukung oleh sejumlah pemain jebolan La Masia, yakni Jonathan Dos Santos. Ditambah ketajaman dari striker asal Kosta Rika Joel Campbell.
* Bek kiri diisi oleh Bojan Jokić dan pemain depan Ikechukwu Uche.
* Pemain depan Gerard Moreno yang memiliki kecepatan dapat merepotkan lini pertahanan Barcelona. Ia mencetak satu gol ketika Villareal menang 2-0 atas Granada pada pekan ini.
* Penjaga gawang Asenjo dalam beberapa penampilan menunjukkan ketenangan dan kecepatan dalam merespons bola-bola cepat dan keras yang dilepaskan oleh barisan depan lawan.

Prakiraan susunan pemain:
* Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang), Alba, Mascherano, Pique, Alves, Iniesta, Busquets, Rakitic, Neymar, Suarez, Messi
Pemain cadangan:
Jordi Masip, Jeremy Mathieu, Marc Bartra, Rafinha, Adriano, Xavi Hernandez, Pedro

* Villareal (4-4-2):
Asenjo (penjaga gawang), Mario, Ranocchia, Dorado, Rukavina, Campbell, Pina, Triqueros, Gomez, Uche, Gerrard
Pemain cadangan:
Juan Carlos, Mateo Musacchio, Denis Cheryshev, Jaume Costa, Jonathan Dos Santos, Luciano Vietto, Giovanni Dos Santos

 
 Lima laga terakhir:
(W: menang; L: kalah; D: imbang)

* Barcelona: W W W W W


08/02/2015  Athletic Bilbao 2 - 5 Barcelona
01/02/2015  Barcelona 3 - 2 Villarreal
28/01/2015  Atlético Madrid 2 - 3 Barcelona
24/01/2015  Elche 0 - 6 Barcelona
21/01/2015 Barcelona 1 - 0 Atlético Madrid

* Villarreal: W L W W W

07/02/2015 Villarreal 2 - 0 Granada
01/02/2015 Barcelona 3 - 2 Villarreal
29/01/2015 Getafe 0 - 1 Villarreal
24/01/2015 Villarreal 1 - 0 Levante
21/01/2015 Villarreal 1 - 0 Getafe

* Head To Head:
01/02/2015 Barcelona 3 - 2 Villarreal
31/08/2014 Villarreal 0 - 1 Barcelona
27/04/2014 Villarreal 2 - 3 Barcelona
14/12/2013 Barcelona 2 - 1 Villarreal
28/01/2012 Villarreal 0 - 0 Barcelona

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Barcelona 3 - 1 Villarreal
* Barcelona 4 - 0 Villarreal
* Barcelona 3 - 0 Villarreal

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Barcelona: 3
* Villareal: 0

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015