Barcelona (ANTARA News) - Memberi kebebasan tampil sebaik mungkin, tanpa ingin merecoki hal-hal rinci di lapangan dengan selalu memperhatikan skema taktik tim secara keseluruhan, merupakan resep jitu pelatih Barcelona Luis Enrique di balik penampilan gemilang Lionel Messi.

Alhasil, Messi tampil kian moncer dengan memborong tiga gol bagi Barcelona pada menit 38, menit 59 dan tendangan penalti di menit ke-65. "El Barca" menggilas Levante dengan lima gol tanpa balas di Stadion Camp Nou di jornada ke-23 dalam ajang La Liga.

Ini hattrick ke-23 bagi Messi di ajang La Liga, serentak menyamai rekor penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo sebagai pencetak hattrick terbanyak sepanjang sejarah La Liga.

"Rahasianya memberi kebebasan agar ia (Messi) tampil dengan gembira sepenuh hati. Itu yang kami lakukan, dan menciptakan atmosfer sukacita bagi dia," kata Enrique sebagaimana dikutip dari laman SkySport.

Pertandingan melawan Levante merupakan pertandingan ke-300 yang dilakoni Messi di La Liga sejak melakukan debut pada 16 Oktober 2004 melawan Espanyo. Ketika itu, pemain berjuluk La Pulga itu masih berusia 17 tahun 114 hari.

"Melawan tim-tim yang tampil dengan gaya permainan yang lebih mendalam, dengan banyak pemain yang menempati posisi gelandang, kami harus lebih menjaga kedalaman dan bergerak dengan aliran bola-bola yang cepat untuk mengancam pertahanan lawan."

"Skema itu membuat peran Leo (Messi) semakin besar. Ia membuat banyak sentuhan dengan bola agar mampu menciptakan peluang satu atau dua, mengirim umpan-umpan tepat sasaran dan menciptakan ruang," kata Enrique.  

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015