Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau akrab disapa Ahok ingin mempromosikan lari marathon pada warga Jakarta, melalui penyelenggaraan Jakarta International 10K.

"Kami hanya menyiapkan hadiah saja, kira-kira ada sekitar Rp 911 juta. Kenapa besar? Kita ingin mempromosikan olahraga marathon lari, karena olahraga ini paling murah," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, menurut dia, angka obesitas khususnya warga Jakarta berada di atas angka rata-rata nasional, sehingga pihaknya berencana menggalakkan olahraga, semisal lari.

"Angka obesitas warga Jakarta di atas rata-rata nasional. Mau tekanan darah, semua di atas (angka rata-rata) nasional. Karena itu, kita mau menggalakkan olahraga," ujar Ahok.

Ahok berharap, sejak dini, anak-anak bisa terbiasa melakukan kebiasaan sehat termasuk olahraga dan sarapan pagi. Menurut dia, kecenderungan masyarakat saat ini lebih banyak meninggalkan sarapan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Rashid ​​Qureshi, selaku sponsor lomba lari Jakarta International 10K, mengungkapkan, dukungannya pada Pemda DKI, untuk menjadikan olahraga sebagai bagaian dari gaya hidup sehat.

"Oleh karena itu, kami akan selalu mendukung pemerintah dalam upaya memajukan olahraga di Indonesia," kata Rashid.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015