Kupang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menganugerahi Kota Kupang sebagai kota layak anak 2015, sebagai bukti kepedulian pemerintah untuk tetap menjaga dan melindungi anak dan perempuan di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Ya hari ini, Presiden Joko Widodo akan menyerahkan penghargaan itu kepada seluruh kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut sebagai Kota Layak Anak (KLA) 2015," kata Wali Kota Kupang Jonas Salean, kepada Antara dari Istana Bogor, Selasa.

Penghargaan Presiden itu dilakukan pada puncak perayaan Hari Anak Nasional 2015, Selasa (11/8) hari ini, di Istana Bogor.

Mantan Sekretaris Daerah Kota Kupang itu mengatakan, sejak menjabat sebagai Wali Kota Kupang pada 2012 silam, kota yang pimpinannya sudah mendapatkan penghargaan tersebut dua kali.

"Ini kali kedua Kota Kupang mendapatkan penganugerahan itu, setelah sebelumnya pada 2012 silam," katanya.

Jonas menuturkan, penghargaan yang diterima Kota Kupang itu, tidak serta-merta diperoleh, karena hal itu melalui perjuangan dan kerja keras seluruh komponen di pemerintahan juga masyarakat daerah itu.

Dengan perjuangan dan kerja keras itulah, Pemerintah Pusat lalu menetapkan daerah itu sebagai daerah yang layak untuk anak-anak alias Kota Layak Anak.

Kerja keras itu, lanjut dia, telah berujung kepada pembentukan sejumlah lembaga yang ramah anak, termasuk mendorong seluruh kelurahan (51) menjadi kelurahan yang ramah anak.

"Kita punya kelurahan ramah anak, sekolah ramah anak dan puskesmas ramah anak. Semua fasilitas ramah anak itu sudah juga dilihat langsung oleh Menteri Peranan Wanita Yohana Yambise beberapa waktu lalu," kata Jonas.

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015