Jakarta (ANTARA News) - Penyelenggara turnamen sepak bola Piala Presiden 2015 Mahaka Sport and Entertainment mengumumkan enam calon  pemain terbaik turnamen Piala Presiden di Jakarta, Sabtu.

"Pemain-pemain tersebut adalah Bayu Gatra dari Bali United, Patrich Wanggai dari Sriwijaya FC, Boaz Solossa dari Borneo FC, Cristian Gonzales dari Arema, Zulham Zamrun dari Persib, dan Firman Utina dari Persib," katakata Wakil Presiden Marketing Mahaka Cahyadi Wanda.

Steering Committee Piala Presiden Maruara Sirait mengatakan syarat utama pemain terbaik turnamen ini adalah harus berkebangsaan Indonesia.

Pemain terbaik akan dipilih melalui pemungutan suara 16 pelatih yang mengikuti turnamen ini.

Mantan pemain sepak bola Danurwindo yang juga ikut menilai dan memilih kandidat pemain terbaik mengatakan pemilihan ini didasarkan pada penampilan pemain dari awal hingga akhir pertandingan.

"Pemain ini dilihat dari teknik, taktik, fisik dan psikologinya. Permainan mereka harus konstan dari awal hingga akhir," kata dia.

Selain itu, pemain terbaik harusnya pemain yang mempunyai dampak positif dan menjadi "role model" bagi timnya.

Tidak hanya pemain terbaik, Piala Presiden juga mempunyai kategori yaitu pencetak gol terbanyak dan "fair play team".

Jumlah uang untuk hadiah pemain terbaik adalah Rp200 juta, untuk pencetak skor terbanyak Rp100 juta dan untuk "fair play team" Rp300 juta. Semuanya akan diumumkan esok setelah pertandingan final Persib melawan Sriwijaya.

Sementara hadiah utama bagi juara turnamen ini adalah Rp3 miliar, posisi kedua mendapatkan Rp2 miliar, posisi ketiga Rp1 miliar dan posisi keempat Rp500 juta.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015