Padang (ANTARA News) - Pasangan Calon Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno-Nasrul Abit memenangkan Pilkada di provinsi ini berdasarkan hasil hitung cepat sementara Lembaga Survei Indonesia.

"Alhamdulillah berdasarkan hasil hitung cepat Irwan-Nasrul memperoleh 60,41 persen dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar 39,54 persen," kata Irwan di Padang, Rabu saat memberikan keterangan di posko pemenangan.

Namun Irwan menyatakan akan tetap menunggu pengumuman resmi KPU.

Irwan menjelaskan hasil hitung cepat berasal dari sembilan zona dengan data masuk sementara mencapai 84,50 persen.

"Ini bukan klaim kemenangan, karena hasil resmi dari KPU, namun hitung cepat harus tetap dihargai sebagai pedoman mengamankan suara," kata Irwan.

KPU Sumbar menyampaikan lima lembaga survei melakukan hitung cepat pemilihan Gubernur Sumatera Barat.

"Ada lima lembaga yang telah melapor yaitu Jaringan Informasi Publik, Median Survei Nasional, Syaiful Mujani Research Centre, Indobarometer dan Charta Politika," kata Koordinator Divisi Logistik KPU Sumbar Fikon.

Menurut dia semua lembaga survei yang melakukan hitung cepat tersebut telah mendaftar ke KPU dan dalam melaksanakan kegiatan harus memenuhi syarat yang ditetapkan.

Pilkada Gubernur Sumbar diikuti pasangan Muslim Kasim-Fauzi Bahar yang diusung Partai Nasdem, PDI Perjuangan, PAN dan Partai Hanura dan Irwan Prayitno-Nasrul Abit yang diusung PKS dan Partai Gerindra.

KPU Sumbar mencatat jumlah pemilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 sebanyak 3.496.836 orang.



Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015