New Delhi (ANTARA News) - Setidaknya 125 murid sekolah di Negara Bagian Uttar Pradesh, India Utara, jatuh sakit pada Sabtu (19/3), setelah menyantap makan siang di satu sekolah dasar, kata beberapa pejabat.

Anak-anak itu segera dibawa ke rumah sakit setelah mereka mengeluh sakit dan muntah.

Mereka diberi makanan di Desa Belhari di Kabupaten Ballia, 383 kilometer di sebelah tenggara Kota Lucknow, Ibu Kota Uttar Pradesh.

"Sekitar 125 anak sakit hari ini setelah mengkonsumsi makanan di sekolah pemerintah di sini," kata seorang pejabat di rumah sakit kabupaten tersebut.

"Semua anak itu berada dalam kondisi stabil dan sedang diperiksa," kata pejabat rumah sakit tersebut sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

Lembaga penyiaran resmi India, All India Radio (AIR), mengatakan satu tim dengan empat anggota telah dibentuk untuk menyelidiki peristiwa tersebut.

AIR mengutip seorang hakim wilayah yang menyatakan empat guru dan dua tukang masak di sekolah tersebut telah ditahan.

Di India, Skema Makan Siang gratis diluncurkan oleh pemerintah beberapa tahun lalu guna menanggulangi kelaparan dan meningkatkan kehadiran siswa di sekolah dasar yang dikelola pemerintah.

Namun penerapan skema itu terkendala akibat kondisi kesehatan yang buruk.

Pada 2013, sedikitnya 22 anak meninggal dunia dan puluhan anak lagi jatuh sakit setelah mengkonsumsi makan siang di satu sekolah di Negara Bagian Bihar.(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016