Jakarta (ANTARA News) - Tim Pengawasan Orang Asing Jakarta Selatan (Timpora Jaksel) melakukan kunjungan kerja (kunker) terhadap beberapa tempat penampungan orang asing.

"Kunjungan kerja dipimpin langsung Walikota Jakarta Selatan," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan Cucu Koswala di Jakarta, Selasa.

Tim Pengawas Orang Asing itu terdiri dari unsur Pemerintah Daerah Jakarta Selatan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Kejaksaan Negeri, Polri dan TNI.

Para tim gabungan itu mengunjungi tiga lokasi penampungan pengungsi dan pencari suaka di wilayah Jakarta Selatan.

Ketiga lokasi itu yakni Meisya Kost di kawasan Kalibata Tengah, Kost 40 di Pedurenan dan Panorama Lebak Bulus.

Cucu menuturkan terdapat 138 orang pengungsi dan pencari suaka yang menempati tiga tempat penampungan tersebut.

Selama ini, akomodasi dan biaya hidup para pengungsi dan pencari suaka tersebut dibantu pihak IOM sebagai organisasi yang menangani migran di Indonesia.

Diungkapkan Cucu, para pengungsi dan pencari suaka hanya menempati sementara lokasi penampungan itu kemudian ditempatkan ke negara yang mau menerima sebagai imigran.

Cucu menambahkan kunjungan kerja terhadap tempat penampungan itu sebagai bentuk sinergisitas anggota Timpora Jakarta Selatan.

"Ke depan Timpora akan lebih aktif bersinergi dalam rangka pengawasan orang asing di wilayah Jakarta Selatan guna menjaga keamanan dan kepentingan negara," tegas Cucu.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016