... pengalaman tahun-tahun lalu, penambahan pengemis musiman tinggi, bisa sampai 5.000 yang masuk ke Jakarta menjelang puasa...
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sosial mencatat sekitar 5.000 pengemis musiman masuk ke wilayah DKI Jakarta pada Ramadhan kali ini. 

"Dari pengalaman tahun-tahun lalu, penambahan pengemis musiman tinggi, bisa sampai 5.000 yang masuk ke Jakarta menjelang puasa," kata Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Kementerian Sosial, Sonny W Manalu, di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan kebanyakan pengemis musiman itu berasal dari Jawa Barat, sebagian dari kawasan Pantai Utara Pulau Jawa, termasuk Jawa Timur dan juga dari Lampung.

Penanganan pengemis musiman itu disebut dia memerlukan cara yang represif melibatkan aparat Satpol PP dan kepolisian karena kadang keberadaan mereka meresahkan.

"Caranya mereka harus dipulangkan paksa. Kita sudah lakukan ini misalnya Pemda DKI Jakarta memulangkan mereka dengan bus saat puasa dan kita bantu itu," katanya.

Para pengemis musiman itu biasanya berkumpul di sekitar masjid yang tempat orang banyak beribadah dengan harapan mereka memberikan sedekah.

Menurut Manalu, penanganan pengemis musiman itu seharusnya dari hulu yaitu dari daerah asal mereka.

Pemerintah daerah masing-masing asal seharusnya mencegah, misalnya membuat program padat karya menjelang Ramadhan sehingga warganya tidak ada yang pergi ke daerah lain untuk mengemis.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016