London (ANTARA News) - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institute Pertanian Bogor (IPB) Agria Swara keluar sebagai juara pertama pada Festival The 4th Edition City of Derry International Choral Festival yang diadakan di Londonderry, Irlandia Utara dari tanggal 19 hingga 23 Oktober.

"Kami bangga akhirnya PSM IPB Agria Swara yang selalu mendapat sambutan dan tepuk tangan penonton menjadi juara," ujar Tjandra Wibowo penangung jawab dari kelompok paduan suara yang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa terbesar di IPB yang berdiri sejak tahun 1986 kepada Antara London, Minggu.

Dalam ajang festival kali ini PSM IPB Agria Swara mewakili negara Asia sementara peserta lainnya dari Jerman. Polandia, Hunggaria, Irlandia, Inggris dan juga dari berbagai daerah di Irlandia.

Dikatakannya paduan suara mahasiswa yang cukup terpandang dan sering mengikuti kompetisi Internasional dan banyak meraih penghargaan,selain mengikuti Kompetisi, juga akan melakukan konser pada Malam Indonesia di London, Inggris.

Salah satu rangkaian kegiatan yang merupakan bagian dari kegiatan The 7th International Mission in Art and Culture (IMAC) PSM IPB Agria Swara dalam rangka memperkenalkan budaya Indonesia di kancah internasional melalui musik dan tarian daerah.

The 7th International Mission in Art and Culture (IMAC) PSM IPB Agria Swara dikemas dengan koreografi dan kostum serta fashion show yang elegan oleh Raden Sirait. Konser berkolaborasi dengan Putri Ayu dan Maria Calista didukung dengan musik oleh Viky Sianipar.

Konser ini didukung pula Rani Badri sebagai Art Director dan Irlan Leksi sebagai Show Director yang menambah keindahan pertunjukan seni kelas atas.

Pada Festival The 4th Edition City of Derry International Choral Festival, Kelompok PSM IPB Agria Swara membawakan sekitar 18 lagu termasuk lagu kompetisi.Lagu dikompetisikan adalah lagu Unser keiner lebet ihm selber, Ready made alice dan Gloria patri, sementara lagu pilihan untuk Sacred song, seperti Deo gratias, Denn er hat seinen engeln, Locus iste, Miserere dan Salve regina.

Lagu pilihan dari Irlandia diantaranya Irish lullaby, Loch lomond dan In the town when i was born . Sementara lagu daerah yang dibawakan diantaranya Bungong jeumpa, Gai bintang, Janger, Lisoi, Ma rencong-rencong, Montor montor cilik, O ina ni keke, Percoma, Soleram dan Yapo mama cica.

PSM IPB Agria Swara telah mencetak berbagai prestasi nasional maupun internasional dibawah bimbingan seorang pelatih sekaligus conductor muda berbakat Arvin Zeinullah serta pembina Dr. Agus Lelana.

Prestasi yang pernah diraih PSM IPB Agria Swara diantaranya meraih prestasi Internasional yaitu tahun 2015 meraih juara tiga di Belgia katagori Mixed Choir Category 13th International Choir Contest of Flanders-Maasmechelen 2015 di Belgia. Selain itu juga juara tiga di Swiss untuk katagori Mixed Voices Category 50th Montreux Choral Festival pada tahun 2014. Pada tahun yang sama meraih penghargaan P.E.A.C.E Trophy prize 60th Fleischmann International Trophy Competition 2014 di Irlandia. PSM IPB Agria Swara di tahun 2012 Menjadi semifinalis pada The IV International Harald Anderson Chamber Choir Competition, Helsinki, Finlandia.

Pada tahun 2010 Meraih Gold Medal untuk kategori Mixed Choir (Free Programme) dan Male Choir, serta Outstanding Programme Award pada The 1st ITB International Choir Competition, 2010 dan banyak lagi penghargaan dunia yang diraih. Sementara di tingkat nasional Prestasi yang diraih PSM IPB Agria Swara diantaranya pada tahun 2011Meraih Juara 2 pada Lomba Paduan Suara Lagu Perjuangan ke-4 Antar Perguruan Tinggi, Universitas Tarumanegara, 2011.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016