Jakarta (ANTARA News) - Satu lagi pengakuan pemerintah atas peningkatan kualitas kesehatan jajaran TNI AL diberikan. Kali ini pada Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta. 




Pemerintah memberikan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta, beberapa saat lalu. Kini mereka menyosialisasikan itu kepada personel-personelnya. 




TNI AL memiliki banyak fasilitas di bidang kesehatan ini, di antara yang terkenal adalah RS TNI AL dr Mintohardjo, di Jakarta, atau RS TNI AL dr Ramelan, di Surabaya. 




Di tingkat pangkalan utama TNI AL yang dipimpin seorang laksamana pertama atau brigadir jenderal TNI Marinir, mereka juga memiliki fasilitas serupa disesuaikan dengan kelas-kelasnya. 




Untuk Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta, fasilitas kesehatan itu terdapat di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, yang juga terbuka untuk publik. 




“Hal itu untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia yang semakin selektif yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan bermutu,” kata Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta, Mayor Khusus Ignatius Punjung, di Jakarta, Jumat. 




Akreditas ini juga menjadi salah satu syarat untuk FKTP dalam memperoleh perpanjangan ijin operasional dan kerjasama dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional BPJS.




Di tingkat pertama pelayanan kesehatan publik, belum banyak standar yang bisa dipenuhi penyelenggara layanan itu. Kata lainnya adalah banyak yang belum terakreditasi atau memenuhi standar ISO.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017