... kami mengajarkan sejak usia dini agar menjaga kebersihan gigi...
Palembang (ANTARA News) - Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kota Palembang mengajak 1.000 anak tingkat Taman Kanak-Kanak dan SD untuk paham dan suka menyikat gigi sejak dini, di halaman perguruan Institut Bahasa Asing, Palembang, Senin.

"Lewat acara ini kami mengajarkan sejak usia dini agar menjaga kebersihan gigi," kata Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Palembang, drg Novi Artati, di sela kegiatan, Senin.

Ia mengatakan, lewat kegiatan serentak di 60 kota di Indonesia itu, PDGI Palembang ingin mengurangi masalah karies alias karang gigi sejak usia dini. "Masalah gigi ini tentunya bisa diatasi dengan perawatan yang benar," ujar dia.

Rangkaian pertama kegiatan bakti sosial PDGI dimulai dari sikat gigi bersama bagi anak-anak itu. "Melalui kegiatan sikat gigi bersama kami mengajarkan teknik membersihkan gigi secara benar," kata Artati.

Setelah sikat gigi bersama mereka dikumpulkan di kelas masing-masing untuk diperiksa giginya. "Tim dokter gigi memeriksa dan mewawancarai siswa untuk tahu kondisi gigi dan kebiasaan mereka," ungkap dia.

Ia mengatakan, 21 hari setelah pemeriksaan, gigi anak-anak ini akan kembali diperiksa untuk mengetahui perkembangan kondisi dan kebiasaan mereka merawat gigi.

Masing-masing siswa nanti akan diberi stiker dan buku untuk menandai jadwal sikat gigi mereka yang terpenuhi.

Salah satu siswa, Niki senang sekali ada kegiatan semacam ini di sekolahnya. "Bisa tahu cara sikat gigi dan dapat perlengkapan sikat gigi gratis," katanya.

Pewarta: Muhammad Suparni
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017