Moskow (ANTARA News) - Pengacara Rusia di pusat skandal mengenai pertemuannya dengan anak sulung Presiden Donald Trump mengaku siap bersaksi di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS).

Dalam wawancara dengan saluran televisi RT yang dikendalikan Kremlin, Rabu (19/7), pengacara Natalia Veselnitskaya mengatakan dia "siap" berbicara di hadapan Kongres tentang pertemuan itu "jika keamanan saya bisa dijamin".

Veselnitskaya menghadiri pertemuan dengan Donald Trump Jr saat kampanye pemilu Juni 2016, yang diduga dilakukan untuk mendapat informasi dari pemerintah Rusia tentang rival ayahnya, Hillary Clinton.

Trump Jr diberi tahu via surel bahwa "pengacara pemerintah Rusia" akan memberikan rincian. Manajer kampanye Trump, Paul Manafort, dan menantunya Jared Kushner juga hadir dalam pertemuan itu.

Veselnitskaya membantah klaim bahwa dia bekerja atas nama pemerintah Rusia, sementara Trump Jr menegaskan bahwa tidak ada informasi sensitif yang disampaikan.

Masalah terkait pertemuan itu menjadi babak terbaru dalam skandal kemungkinan hubungan antara kampanye Trump dan Moskow.

Badan-badan intelijen AS menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui peretasan dan kampanye pengaruh untuk mempengaruhi pemilihan presiden AS pada November 2016, tuduhan yang juga dibantah oleh Kremlin.

Pemerintah Trump belakangan menjadi sasaran investigasi Kongress dan FBI berkenaan dengan kemungkinan adanya kolusi, demikian menurut warta kantor berita AFP. (kn)

(Baca: Politik AS heboh lagi, muncul kabar eks agen Soviet bertemu Trump Jr)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017