... momen yang sangat membahagiakan bagi mereka yang menjalankan ibadah umroh karena mereka bisa menunaikan ibadah pada pelayaran perdana bersama KRI Bima Suci...
Jeddah, Arab Saudi (ANTARA News) - Ratusan prajurit KRI Bima Suci beserta kadet AAL tingkat III angkatan 64 peserta Operasi Kartika Jala Krida 2017 beribadah umroh setelah menempuh pelayaran dari Port Said, Mesir, menuju Jeddah, Arab Saudi, selama empat hari.

Komandan KRI Bima Suci, Letnan Kolonel Pelaut Widyatmoko Baruno Aji, mengatakan, ibadah umroh ini merupakan ibadah yang spesial bagi prajurit KRI Bima Suci dan Taruna AAL.

"Ini momen yang sangat membahagiakan bagi mereka yang menjalankan ibadah umroh karena mereka bisa menunaikan ibadah pada pelayaran perdana bersama KRI Bima Suci," katanya, di Jeddah, Arab Saudi, Minggu. 

Pelayaran perdana kapal layar tiang tinggi kelas Bark tiga tiang ini juga menjadi pelayaran KRI Bima Suci menuju Tanah Air setelah dia selesai secara paripurna dibangun di galangan kapal Freire, di Vigo, Spanyol. 

Yang cukup unik dari KRI Bima Suci ini adalah ornamen warnanya di bagian haluan yang mirip dengan ornamen warna seniornya, KRI Dewaruci. Bima Suci merupakan kelanjutan dari pendewasaan diri seorang Bima setelah dia bertemu Resi Dewaruci di samudera luas dalam upayanya mencari air suci kehidupan. 

Dia menjelaskan, ibadah umroh ini diikuti 104 kadet dan enam perwira pengasuh Operasi KJK 2017 serta enam perwira dan 51 personel pengawal KRI Bima Suci yang dibagi menjadi dua gelombang selama dua hari.

Sebelum berangkat ibadah umroh, Aji bersama Perwira Pelaksana Latihan Operasi KJK 2017, Letnan Kolonel Pelaut Tonny Sundah, memberikan arahan dan berdoa bersama.

Selama perjalanan menunaikan ibadah umroh, mereka dijadwalkan mengunjungi Mesjid Nabawi sekaligus ziarah ke makam Rasulullah SAW dan akan dilanjutkan ibadah umroh di Mesjidil Haram Mekah.

Pada kesempatan itu, sebanyak 26 kadet AAL yang berasal dari Korps Marinir serta seorang perwira pendamping tiba di Jeddah dan mengikuti proses penyambutan sebelum memasuki KRI Bima Suci dan akan melaksanakan ibadah umroh gelombang ke II.

KRI Bima Suci tiba di Jeddah, Arab Saudi pada pukul 11.00 waktu setempat setelah menempuh perlayaran selama empat hari dari Port Said, Mesir, dan disambut oleh Atase Pertahanan di Kedutaan Besar Indonesia di Riyadh, Kolonel Infantri Drajad Brima Yoga.

Pewarta: Zabur Karuru
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017