Hampir semua kota kabupaten kami siapkan armada bus dan minibus seperti Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso dan Palu Kolonadale
Palu (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah kembali akan menyiapkan armada mudik gratis untuk masyarakat kurang mampu yang ingin merayakan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di kampung halaman masing-masing namun kesulitan transportasi.

"Ini yang kedua kalinya diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulteng, setelah yang pertama pada mudik Lebaran 2017," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Abdul Haris Renggah yang dihubungi di Palu, Selasa.

Program angkutan mudik ini merupakan inisiatif pemerintah daerah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu tetapi ingin merayakan Natal dan Tahun Baru.

Program ini bisa digunakan oleh para pekerja yang tinggal di Palu atau pun mahasiswa yang sedang melakukan studi.

"Hampir semua kota kabupaten kami siapkan armada bus dan minibus seperti Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso dan Palu Kolonadale," ujarnya.

Haris Renggah yang mantan penjabat Bupati Morowali Utara itu belum memastikan berapa banyak bus yang akan dikerahkan karena akan menyesuaikan dengan jumlah pendaftar.

Kalau pada arus mudik Lebaran 2017, Dishub menyiapkan hampir 60 unit armada yang melayani sekitar 400 penumpang untuk satu kali jalan dari Kota Palu ke berbagai tujuan di sejumlah kabupaten.

Ia menambahkan bus-bus yang akan digunakan dalam program mudik gratis ini semuanya milik perusahaan otobus (PO) yang selama ini melayani jalur tersebut.

Dengan demikian, dari segi keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang, cukup terjamin karena kendaraan yang digunakan sudah biasa melayani trayek antara kabupaten dan kota di Sulteng itu.

Program angkutan mudik ini juga mendapat dukungan dari berbagai instansi terkait seperti PT. Jasa Raharja, Perusahaan Oto Bus, dan Polda Sulteng.

Pewarta: fauzi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017