Saat ini statusnya pembantaran penahanan dan dirawat di RSCM, 'update' kesehatan akan koordinasi dengan RSCM dan pihak IDI terus dilakukan."
Jakarta (ANTARA News) - KPK menyampakan sejumlah kegiatan dalam penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik yang diduga dilakukan oleh Ketua DPR Setya Novanto.

"Dalam minggu ini KPK melakukan serangkaian kegiatan dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dengan tersangka SN," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam konferensi pers di gedung KPK Jakarta, Jumat.

Pada Senin, 13 November 2017 Setnov diagendakan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjono namut Setnov tidak datang dengan mengirim surat.

Pada Rabu, 15 November 2017, Setnov diagenda diperiksa sebagai tersangka dan Setnov juga tidak datang dengan mengirim surat

Pada hari yang sama pukul 21.40 WIB, tim KPK mendatangi rumah Setnov di Jalan Wijaya dengan membawa surat perintah penangkapan dan penggeledahan untuk mencari orang dan barang bukti. Penyidik melakukan penggeledahan sampai pukul 02.50 WIB dan menyita CCTV dari rumah.

Karena Setnov tidak ditemukan di rumahnya lalu KPK melakukan pencarian lebih lanjut dan memberikan himbauan agar bila masih mempunyai itikad baik maka Setnov dapat menyerahkan diri ke KPK.

Selanjutnya pada Kamis 16 November, Setnov kembali dipanggil sebagai saksi Anang Sugiana Sudihardjono dan kembali tidak datang dan mengirim surat dengan alasan yang sama.

Sampai berakhirnya hari kerja tidak ada pemberitahuan sama sekali dari Setnov tentang penyerahan diri ke KPK sehingga KPK menerbitkan surat memasukkan Setnov ke Daftar Pencarian Orang (DPO) dan menyurati Kapolri dan juga ditembuskan ke Interpol Indonesia untuk atas nama Setnov.

Malam harinya terdapat info kecelakaan di Permata Berlian dan langung mengecek ke lokasi kejadian kecelakaan dan rumah sakit.

"Tapi koordinasi baru dapat dilakukan keesokan harinya pada 17 November sekitar pukul 06.40 WIB, tim bisa menemui dokter dan berkooredinasi lebih lanjut," ungkap Febri.

Koordinasi dilakukan dengan baik dan dilakukan pengecekan umum termasuk tes jantung dan tensi namun karena ada kebutuhan pemeriksaan lebih lanjut seperti MRI dan CT Scan maka pasien dibawa ke RSCM. Pada pukul 12.48 WIB tim penyidik dan dokter meninggalkan RS Permata Hijau dan dibawa ke RSCM untuk dilakukan pemeriksaan medis secara umum dan tes MRI.

KPK, menurut Febri, akan terus melanjutkan penyidikan untuk kasus KTP-e karena sejak awal kami mengimbau SN agar kooperatif, memenuhi kewajiban saat dipanggil sebagai tersangka tsk bahkan himbauan agar menyerahan diri tapi tidak dilakukan sehingga penahanan terus dilakukan.

"Saat ini statusnya pembantaran penahanan dan dirawat di RSCM, 'update' kesehatan akan koordinasi dengan RSCM dan pihak IDI terus dilakukan," tambah Febri.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017