Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj akan berkunjung ke Indonesia pada 5-6 Januari 2018 dan menghadiri pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno LP Marsudi pada Jumat (5/1).

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

Menurut Arrmanatha, Menlu RI dan Menlu India dalam pertemuan komisi gabungan pada Jumat pagi (5/1) akan membahas tentang kemitraan strategis Indonesia-India.

Sementara itu, Direktur Kawasan Asia Tengah dan Selatan Kemlu RI Ferdy Piay menyampaikan bahwa Menlu RI dan Menlu India akan fokus membahas isu-isu di bidang politik, keamanan, sosial dan budaya yang terkait dengan kemitraan strategis Indonesia-India.

Menlu Retno dan Menlu Swaraj juga akan membahas tentang isu-isu regional yang menjadi kepentingan kedua negara.

Menurut Ferdy, Indonesia memiliki hubungan yang kuat dengan India dalam hal kerja sama pertahanan. Pemerintah kedua negara telah membahas secara intensif mengenai kunjungan menteri pertahanan Indonesia ke India untuk menghadiri dialog pertahanan yang akan diadakan di India.

Pemerintah Indonesia dan India juga akan meningkatkan kerja sama deradikalisasi untuk penanggulangan terorisme.

Terkait dengan bidang ekonomi, nilai perdagangan bilateral Indonesia-India pada periode Januari-Oktober 2017 mencapai 14,846 miliar dolar Amerika Serikat (AS), naik sebesar 43,31 persen dibandingan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018