Jambi (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jambi akan memberikan beasiswa bagi hafiz dan hafizah yang hafal 30 juz Alquran sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas santri.

"Tahun ini kita memiliki program beasiswa bukan hanya untuk S1, S2 dan S3 saja, tetapi kita juga memiliki beasiswa untuk hafiz dan hafizah yang hafal 30 juz Alquran," katanya di Jambi, Kamis.

Zola mengatakan para hafiz dipersilahkan mengajukannya kepada Pemerintah Provinsi Jambi, sebab Pemprov justru terus mencari hafiz dan hafizah yang hafal 30 juz Alquran untuk diberikan beasiswa.

Saat mengunjungi Pondok Pesantren Tahfizul Qur`an Yayasan Aziziyah Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo itu, Zola mengatakan program beasiswa yang diberikan kepada hafiz dan hafizah ini sebagai salah satu upaya dalam memajukan pondok pesantren di Provinsi Jambi.

Program beasiswa ini juga untuk memberikan semangat bagi hafiz dan hafizah yang baru menghafal 20 juz, 10 juz atau 5 juz agar lebih giat lagi dalam menghafal 30 juz.

Di samping itu, Pemprov Jambi katanya terus berupaya dalam memajukan pondok pesantren (ponpes) yang ada di Provinsi Jambi dengan membantu pembangunan pondok pesantren secara bertahap setiap tahunnya.

"Saya mengapresiasi Pondok Pesantren Tahfizul Qur`an yang sudah menorehkan prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional," ujarnya.

Gubernur juga mengharapkan agar pondok pesantren itu lebih mempersiapkan lagi santri-santrinya untuk dapat mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jambi tahun ini yang akan diselenggarakan di Kabupaten Batanghari, sehingga kafilah dari Kabupaten Bungo bisa menorehkan banyak prestasi lagi.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018