Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia Angelino Alfano di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Rabu.

"Pada hari ini saya mendapat kehormatan menerima kunjungan Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia Angelino Alfano. Ini merupakan kunjungan pertama Menteri Alfano ke Indonesia," kata Menlu Retno Marsudi.

Menlu Italia Angelino Alfano berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian kunjungan ke Asia Tenggara, dan Indonesia merupakan negara pertama yang dikunjungi sebelum ke negara lainnya. Dalam kunjungan tersebut, keduanya juga menggelar pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan bilateral itu, kedua Menlu membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama Indonesia dan Italia.

"Pada Oktober lalu, saya juga berkunjung ke Italia dan dalam waktu empat bulan saya mendapat kehormatan dikunjungi Menlu Alfano, dan saya kira ini komitmen dari kami berdua untuk terus meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Italia," ujar Menlu RI.

Menurut Menlu Retno, kerja sama ekonomi antara Italia dan Indonesia semakin intensif. Italia merupakan mitra dagang Indonesia yang terbesar ketiga di Uni Eropa.

Hingga November 2017, nilai perdagangan bilateral RI-Italia mencapai lebih dari tiga miliar dolar Amerika Serikat (AS), atau mengalami kenaikan sebesar lebih dari 16 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kita ingin menggunakan tren positif ini untuk meningkatkan hubungan ekonomi, khususnya perdagangan kedua negara," ucap Menlu Retno.

Indonesia dan Italia tahun depan akan memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dengan mengusung tema Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif.

"Kami membahas berbagai kegiatan yang akan dilakukan untuk perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Italia. Italia mempunyai kekuatan ekonomi kreatif dan Indonesia mempunyai talenta dalam ekonomi kreatif maka kita sepakat untuk mengambil tema ekonomi kreatif untuk perayaan," kata Menlu RI.

Pada kesempatan itu, Menlu Italia Angelino Alfano menyampaikan keinginan Italia untuk memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia.

"Hubungan Italia dan Indonesia sangat baik, dan Italia melihat Indonesia sebagai mitra dalam menguatkan kerja sama. Kita memiliki nilai-nilai demokratis yang sama, kita juga sama-sama berada dalam kelompok G20," ujar Alfano.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018