Tentu membuka fakultas yang berkaitan dengan pembudidayaan ..."
Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita pada Kamis (15/2) yang masih laik Anda simak: 

Jokowi tantang kampus buka fakultas inovasi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menantang pihak perguruan tinggi untuk berani melakukan terobosan baru termasuk diantaranya dengan membuka fakultas yang inovasi dan mengikuti perkembangan jaman.

Presiden RI Joko Widodo di Makassar, Kamis, mengatakan jika misalnya universitas itu berdiri di daerah kepulauan, maka bisa memberikan kontribusi lebih terhadap upaya pemanfaatan pantai atau laut dan itu bisa menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan kampus yang ada diperkotaan.

"Tentu membuka fakultas yang berkaitan dengan pembudidayaan ikan, pengolahan hasil laut, pemberdayaan budaya bahari, dan sebagainya," katanya pada acara Forum Rektor Indonesia (FRI) di Gedung AP Pettarani Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.


Klarifikasi BPOM soal Albothyl

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama ahli farmakologi akhirnya melarang penggunaan policresulen dalam cairan obar luar konsentrat untuk pembedahan serta penggunaan pada kulit, termasuk untuk mengobati sariawan, THT dan vaginal.

Salah satu produk yang mengandung zat tersebut ialah Albothyl. Produk ini menurut BPOM merupakan obat bebas terbatas berupa cairan obat luar yang mengandung policresulen konsentrat dan digunakan untuk hemostatik dan antiseptik pada saat pembedahan, serta penggunaan pada kulit, telinga, hidung, tenggorokan (THT), sariawan, gigi dan vaginal (ginekologi).

Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari hal ini maka BPOM membekukan izin edar Albothyl dalam bentuk cairan obat luar konsentrat hingga perbaikan indikasi yang diajukan disetujui.


Roro Fitria ditangkap polisi gara-gara sabu

Aktris dan model Roro Fitria ditangkap polisi terkait kasus narkoba.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Suwondo Nainggolan mengatakan polisi menyita barang bukti berupa 2,4 gram sabu.


Zumi Zola penuhi panggilan KPK sebagai tersangka

Gubernur Jambi Zumi Zola memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa sebagai tersangka tindak pidana korupsi menerima gratifikasi terkait proyek di Provinsi Jambi.

Saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis, sekitar pukul 09.55 WIB, Zumi Zola memilih irit bicara saat dikonfirmasi awak media soal pemeriksaannya kali ini. "Nanti ya," kata Zumi.

Ia pun menyatakan dalam kondisi sehat untuk diperiksa pertama kalinya sebagai tersangka, setelah ditetapkan tersangka bersama Kepala Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Arfan oleh KPK pada Jumat (2/2).


78.000 kendaraan diprediksi lintasi Jakarta-Cikampek saat Imlek

PT Jasa Marga Tbk memprediksi volume kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama ruas Jakarta-Cikampek saat libur panjang Hari Raya Imlek 2018 akan mencapai 78.000 unit.

"Kami memprediksi puncak arus mudik libur panjang Imlek di gerbang tol Cikarang Utama arah Cikampek terjadi pada hari ini dengan volume sebanyak 78.000 kendaraan atau naik 4,29 persen dari kondisi normal 74.785 kendaraan," kata Kepala Humas Jasa Marga Dwimawan Heru di Bekasi, Kamis.

Sementara, lanjutnya, puncak arus balik Imlek yang diperkirakan jatuh pada Minggu (18/2) di GT Cikarang Utama arah Jakarta akan mencapai 92.000 kendaraan atau naik 7,98 persen dari kondisi normal 85.200 kendaraan.

Sejumlah titik kepadatan pada arus mudik diprediksi akan terjadi di kawasan Cikunir yakni pertemuan arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota, Pondok Indah dan Tanjung Priok.

Titik kepadatan lainnya diprediksi juga terjadi di Rest Area Km19 A, Km33 A, Km39 A, Km57 A, Km21 A, Km37 A dan GT Cikarang Utama.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018