Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan berkunjung ke Selandia Baru pada 18-19 Maret 2018, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

Dalam kunjungan Menlu RI tersebut, pemerintah kedua negara akan membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Selandia Baru.

"Isu yang juga akan dibahas oleh pemerintah kedua negara adalah peningkatan status hubungan Indonesia dan Selandia Baru menjadi kemitraan komprehensif," ujar Arrmanatha.

Selain itu, pemerintah Indonesia dan Selandia Baru akan meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan hubungan antarmasyarakat (people-to-people contact).

Dalam kunjungan itu, juga akan diadakan penandatanganan nota kesepahaman antara kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan kepala lembaga sains Selandia Baru.

Selanjutnya, akan diadakan Forum Bisnis Indonesia-Selandia Baru yang akan mempertemukan para pengusaha dari kedua negara.

"Forum bisnis itu akan dihadiri oleh 20 pengusaha Indonesia dan 20 pengusaha Selandia Baru. Diharapkan melalui pertemuan antarpebisnis ini, kerja sama ekonomi kedua negara dapat ditingkatkan," ucap Arrmanatha.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018