Dari Badan Usaha Jalan Tol Bocimi sudah memberikan laporan ke saya terkait kesiapan seksi satu dilintasi lalu lintas mudik. Jadi Insha Allah sudah siap, kemarin saya sudah berkoordinasi pekan depan mudah-mudahan kita cek,"
Bandung (ANTARA News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi satu atau rute Ciawi-Cigombong diprediksi dapat digunakan untuk melayani arus mudik Lebaran Tahun 2018.

"Dari Badan Usaha Jalan Tol Bocimi sudah memberikan laporan ke saya terkait kesiapan seksi satu dilintasi lalu lintas mudik. Jadi Insha Allah sudah siap, kemarin saya sudah berkoordinasi pekan depan mudah-mudahan kita cek," kata Iwa Karniwa, di Bandung, Senin.

Menurut dia, berdasarkan laporan dari Badan Usaha Jalan Tol diketahui bahwa pembangunan seksi satu Ciawi-Cigombong fisiknya sudah hampir 100 persen.

Namun, kata Iwa, pihaknya masih perlu melihat langsung di lapangan terkait kesiapan jalur yang berada di mulut Tol Jagorawi arah Ciawi tersebut.

"Jadi baru Ciawi-Cigombong tapi pastinya kesiapan untuk mudik harus di cek lagi ke lapangan," katanya.

Dia menuturkan untuk seksi satu Tol Bocomi sudah melewati tahapan pembebasan lahan yang cukup menyita waktu mulai dari lahan warga hingga persoalan tanah wakaf.

Selain itu, lanjut dia, persoalan lain terkait pemidahan utilitas sejumlah instansi seperti PDAM, pipa gas hingga jalur kereta dan tahun lalu pembangunan fisik seksi satu tol ini ini juga mengalami hambatan mengingat cuaca yang terus hujan sulit ditangkal.

Pemprov Jawa Barat, kata Iwa, berkepentingan agar tol yang sudah mangkrak lama ini bisa digunakan meski bertahap dari seksi I terlebih dahulu.

"Masyarakat sudah lama menunggu. Kemacetan di seksi satu ini paling parah, kalau tuntas ini akan memudahkan," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi nyatakan Tol Ciawi - Cigombong selesai Juli

Baca juga: Pembangunan Jabar selatan mempercepat pemerataan ekonomi

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018