Sambut Ramadhan, ACT gelar lomba karya jurnalistik

id ACT,Ramadhan,Lomba Karya Jurnalistik

Pengungsi Rohingya Pengungsi Rohingya mengantre untuk mengambil bantuan sembako menggunakan Humanity Card dari Organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di kamp pengungsian Kutupalong, Cox’s Bazar, Minggu. (ANTARA News/Monalisa)

Jakarta (ANTARA News) - Menjelang Ramadhan, lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar lomba karya jurnalistik kemanusiaan. 

"Lomba ini khusus diperuntukkan bagi kalangan jurnalis baik televisi, online maupun cetak," kata General Manajer Komunikasi ACT, Lukman Azis Kurniawan melalui keterangan resmi diterima di Jakarta, Senin.

Lomba yang dimulai sejak 10 Mei hingga 21 Juni 2018 tersebut terbagi dalam beberapa kategori, di antaranya lomba karya tulis jurnalistik untuk wartawan cetak dan online, lomba karya foto jurnalistik untuk wartawan foto cetak dan online, serta lomba karya video jurnalistik untuk wartawan televisi. 

"Selain itu lomba juga diperuntukkan bagi institusi media yang memberitakan kegiatan kemanusiaan ACT paling banyak. Untuk ini team media monitoring akan melakukan sendiri kerja-kerja pemantauannya," imbuh Lukman.

Tidak hanya itu, masyarakat umum yang biasa menulis kolom artikel atau opini, juga dapat mengikuti lomba ini. 

Baca juga: Beras dari Indonesia tiba di Gaza

Caranya adalah dengan mengirimkan naskah opini atau artikel yang pernah dimuat di periode 10 Mei hingga 21 Juni 2018 tentang lembaga kemanusiaan ACT.

Lomba ini, lanjut Lukman bertujuan untuk mengapresiasi kerja media yang banyak mendukung kegiatan kemanusiaan di Indonesia. 

"Ramadhan ini bulan mulia, dibulan ini Allah lipat gandakan pahala ibadah kita. Semoga dibulan ini juga Allah lipat gandakan pahalanya sahabat-sahabat media yang ikut mensyiarkan aktivitas-aktivitas kemanusiaan dan keumatan," ujar Lukman.

Lukman menyebutkan ratusan juta rupiah ACT sediakan untuk mengapresiasi kerja-kerja para kuli tinta ini dalam mensyiarkan kebaikan kepada umat. 

"Untuk konfirmasi lebih lanjut, baik media maupun masyarakat dapat menghubungi ACT baik pusat maupun cabang di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Berita yang dilombakan, lanjut Lukman, tentu berkaitan dengan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan ACT selama pra Ramadhan hingga akhir Ramadhan. 

Dengan mengusung tema "Beri Ramadhan Terbaik, ACT mengajak masyarakat, khususnya insan Pers bisa sama-sama mensyiarkan kebaikan umat kepada umat lainnya agar mampu membangun ghirah (semangat) kepedulian pada sesama manusia yang membutuhkan," harap Lukman.

Hasil karya lomba akan diumumkan pada awal Juli 2018 dalam acara "Anugerah Karya Jurnalistik Kemanusiaan ACT 2018".

Baca juga: Posko Medis ACT siaga di Gaza

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar