Sukabumi (ANTARA News) - Pengaktifan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sesi I sepanjang 15 km dari Bogor hingga Cigombong pada mudik tahun ini bakal mengurangi kemacetan di jalur utara Sukabumi.

"Saya tadi sudah memeriksa langsung kondisi jalan Tol Bocimi yang akan digunakan untuk mudik, kondisinya layak walaupun pembangunannya baru selesai sampai daerah Cigombong," kata Kepala Korps Lantas Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa di Sukabumi, Rabu.

Dia yakin pengaktfian sebagian Tol Bocimi ini bisa mengurai 20 persen kemacetan lalu lintas di jalur mudik Bogor dan Sukabumi khususnya di jalur Cigombong ke arah Bogor yang terkenal sering mengalami macet parah.

Apalagi jika pembangunana sudah sampai Sukabumi, maka kemacetan di wilayah utara Kabupaten Sukabumi seperti Cicurug, Cibadak, Cisaat dan Parungkuda, bakal terurai drastis.

Untuk mengantisipasi pertemuan arus kendaraan baik yang keluar dan masuk jalan tol, polisi sudah menyiagakan petugas dan pos jaga di pintu keluar Tol Bocimi.

"Tidak menutup kemungkinan sistem buka tutup arus lalu lintas diberlakukan untuk mengurai akibat pertemuan dua arus disertai jalan yang menyempit di pintu keluar tol," kata Royke.

Royke mengatakan walaupun jalur Bogor-Sukabumi ini bukanjalur utama mudik lebaran, tetapi kerap menjadi jalur  alternatif jika terjadi penumpukan kendaraan di Puncak, Bogor, ketika sebagian kendaraan yang menuju Bandung dan seterusnya dari arah Bogor dan Jakarta dialihkan ke Sukabumi.

Baca juga: Tol Bocimi siap digunakan untuk Mudik
 

Pewarta: Aditya A. Rohman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018