Arus balik penumpang di Pelabuhan Karimun makin ramai

id pelabuhan karimun,arus balik

Dokumentasi Ratusan pemudik turun dari kapal ferry antarpulau di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (10/7/2016). Puncak arus balik pemudik antarpulau di Pelabuhan Sri Bintan Pura yang tiba dari Batam, Lingga, Karimun, Tanjung Batu, dan pulau lainnya terjadi pada Minggu (10/7/2016) dengan perkiraan sekitar 2.000 penumpang. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Karimun, Kepri (ANTARA News) - Arus penumpang di Pelabuhan Domestik dan Internasional Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau makin ramai pada H+3 Lebaran, Rabu, makin ramai.

"Arus penumpang ramai lancar dan masih terkendali. Dan sesuai perkiraan kita, lonjakan penumpang kita perkirakan pada hari ini hingga H+4 seiring berakhirnya libur Lebaran," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Ridwan Chaniago di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Ridwan mengatakan lonjakan penumpang terjadi pada seluruh jurusan, namun yang paling ramai jurusan Selatpanjang, Tanjungsamak dan Batam.

Menurut dia, jumlah penumpang naik atau yang berangkat, baik di pelabuhan domestik maupun internasional, pelabuhan antarpulau Sri Tanjung Gelam dan pelabuhan roro Parit Rempak berkisar 15.000 orang sejak H+1 Lebaran.

Dijelaskannya, jumlah pemudik di pelabuhan domestik dan internasional berkisar 1.000 hingga 3.000 dalam satu hari, sedangkan jumlah penumpang di pelabuhan antarpulau sekitar 1.000 orang dan Pelabuhan Roro Parit Rempak sekitar 1.000 orang dalam satu hari.

"Arus balik masih terkendali tanpa adanya kecelakaan atau `zero accident`. Kami terus berkoordinasi dengan nakhoda kapal untuk memastikan kapal tidak berangkat melebihi kapasitas," kata dia.

Dia menyebutkan kapal cadangan dioperasikan untuk mencegah kapal reguler berangkat melebihi kapasitas.

Dia juga mengatakan terus berkoordinasi dengan BKMG untuk mendapatkan informasi tentang cuaca.

"Sampai saat ini, kondisi cuaca masih aman untuk pelayaran. Kami tidak akan izinkan kapal berlayar kalau cuaca tidak memungkinkan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, ribuan penumpang memadati ruang tunggu pelabuhan domestik dan internasional. Sementara itu, tenda penumpang yang disediakan PT Pelindo 1 juga tampak penuh dengan calon penumpang.

Salah seorang penumpang Mukhtar mengaku pulang bersama keluarga ke Selatpanjang setelah berliburan di Tanjung Balai Karimun.

"Lusa sudah masuk kantor, makanya saya dan keluarga pulang hari ini," ujarnya.

Sementara itu, data yang dihimpun KSOP Tanjung Balai Karimun, jumlah penumpang pada H+2 atau Senin (19/6) sebanyak 13.826 orang, terdiri atas penumpang turun 6.198 orang dan penumpang naik sebanyak 7.628 orang.

Dari penumpang sebanyak itu, jumlah penumpang turun di pelabuhan domestik sebanyak 3.963 orang dan penumpang naik 3.611 orang. Penumpang turun di pelabuhan internasional 781 dan penumpang naik 1.660 orang.

Sedangkan penumpang turun di pelabuhan antarpulau Sri Tanjung Gelam 1.906 orang dan penumpang naik sebanyak 2.005 orang.

"Itu data H+2, sedangkan data penumpang hari ini masih kita rekap," kata seorang petugas KSOP Tanjung Balai Karimun.

Pewarta : Rusdianto Syafruddin
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar