Manado (ANTARA News) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Utara (Sulut) Erny Tumundo mengatakan, pameran kesempatan kerja (Job Fair) sudah menggunakan sistem online atau dalam jaringan/daring.

"Penerapan sistem ini sudah dilakukan pada saat Job Fair April lalu, semua pendaftar menggunakan sistem ini," kata Tumundo di Manado, Rabu.

Penerapan sistem ini di provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa itu, lanjut dia, baru pertama kali dilakukan dibandingkan dengan pola sebelumnya yang memberikan kesempatan kepada para pencari kerja mendaftar secara manual.

"Pendaftaran sistem online ini akan diterapkan terus-menerus pada setiap pameran kesempatan kerja yang kami buka bersama-sama dengan perusahaan-perusahaan," ujarnya.

Dengan menggunakan sistem online, lanjut dia, pencari kerja dapat mendaftar secara langsung menggunakan telepon genggam berbasis android.

Dia mengharapkan, penerapan sistem ini akan ditiru instansi dinas tenaga kerja kabupaten dan kota bila mengadakan pameran kesempatan kerja.

"Cara ini lebih praktis dan memberikan kemudahan kepada pencari kerja mendaftar ke perusahaan yang sesuai dengan kompetensinya," ujarnya.

Tumundo memberikan apresiasi kepada Kementerian Tenaga Kerja yang terus memberikan dukungan sehingga pameran kesempatan kerja yang diadakan April lalu terselenggara dan diikuti ribuan pelamar.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018