Gianyar (ANTARA News) - Program Padat Karya Tunai (PKT) di Kabupaten Gianyar, Bali, berhasil menyerap tenaga kerja di daerah tersebut.

"PKT di daerah kami berhasil menyerap tenaga kerja dengan berbagai proyek perbaikan irigasi di daerah kami," ujar Kepala Subak Desa Singakerta, Gusti Ngurah Gede , di Gianyar, Bali, Sabtu.

PKT dilaksanakan untuk pembuatan saluran irigasi subak desa yang bersumber dari dana desa sebesar Rp78 juta dan berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 22 orang. Para pekerja diupah sebesar Rp100.000 untuk tukang dan buruh Rp80.000. Dilakukan secara swakelola dengan waktu pengerjaan 90 hari.

"Dengan adanya UU Desa, pemerintah beri bantuan yang bermanfaat untuk masyarakat kecil dan dampaknya terasa oleh kami anggota subak," tambah dia.

Subak tersebut diperuntukkan 86 KK dengan luas lahan 45 hektar ini, menghasilkan produksi 50 kilogram gabah. Subak ini terletak di samping jurang sehingga airnya tidak mengalir.

"Subak kami dari segi wilayah terlalu luas karena paling hilir dari 16 subak yang ada, dengan pembuatan irigasi ini diharapkan akan mempermudah aliran air," kata dia.

Sama halnya dengan Desa Singakerta, di Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar pun merasakan betul manfaat program padat karya dengan dana desa.

"Tahun ini dialokasikan 289 juta untuk jalan lingkungan dengan paving , dengan panjang jalan 1446 m. Jalan ini membuka akses masuk ke areal pendidikan (SD, TK), Puskesmas, sarana olahraga, jalur pertanian dan pariwisata di tengah sawah," ujar Kepala Desa Sayan, I Dewa Gede Agung.

Pengerjaan dilakukan selama 60 hari dengan menyerap tenaga kerja sekitar 36 orang dengan upah tukang Rp.120.000 dan buruh Rp.90.000 ribu.

Pewarta: Indriani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018