Palembang (ANTARA News) - Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan untuk para juara Piala Presiden Kejuaraan Dayung Tradisional Dragon Boat 2018 senilai total Rp1 miliar.

"Kami siapkan total hadiah pembinaan senilai Rp1 miliar," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga Ketua PODSI di arena dayung Jakabaring Sport City Center Palembang, Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan kepada Presiden Jokowi di arena itu sesaat sebelum membuka kejuaraan itu, sekaligus meresmikan lima dari 14 arena (venue) yang sudah direnovasi untuk Asian Games XVIII.

Presiden Jokowi dalam pidato pembukaannya secara singkat menyampaikan dua hal, pertama, Indonesia siap menyambut Asian Games XVIII.

"Kami juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh atlet dan official sekitar 16 ribu orang dari 45 negara," kata Kepala Negara.

Dengan demikian, kata Joko Widodo, secara resmi kejuaraan Piala Presiden Dayung Tradisional Dragon Boat 2018, dibuka.



Dua emas

Sebelumnya, Basuki menyebut kejuaraan itu merupakan agenda tes untuk memotivasi para atlet dayung nasional, khususnya kategori Dragon Boat.

"Targetnya dua emas dari kategori Perahu Naga (dragon boat). Karena itu, kita berlatih melalui ajang Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden," kata Basuki.

Lawan terberat, kata Basuki, adalah China dan Vietnam.

Menurut Basuki, pada Asian Games 2010, Indonesia memperoleh empat emas, tiga emas dari dayung dragon boat, enam perak dan tiga di antaranya dari dragon boat juga.

Pada kejuaraan ini, akan diikuti kontingen dari 17 provinsi dan 4 tim TNI/Polri dengan jumlah peserta kurang lebih 500 atlet dayung. Kejuaraan akan berlangsung dari 14-15 Juli 2018.

Terkait dengan kualitas arena dayung itu, kata Basuki, disebut sebut sebagai salah satu yang terbaik di Asia.

Arena memiliki lintasan dengan lebar seluas 200 meter dan panjang 2.200 meter dan kedalaman lima meter dilengkapi tribun penonton dengan kapasitas 2.144 kursi.

"Kawasan sekitar venue juga dilakukan penataan sehingga menjadi rapi dan hijau sekaligus menjadi ruang terbuka hijau di Kota Palembang," kata Basuki.

Pada hari minggu dan hari libur, ruang terbuka hijau sekitar embung Jakabaring banyak dikunjungi oleh masyarakat Palembang dan sekitarnya.

Konstruksi Venue Dayung dikerjakan oleh PT. Nindya Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp148 miliar yang dimulai sejak 7 Desember 2016 hingga 31 Desember 2017.

Baca juga: Presiden: 99 persen arena Jakabaring sudah siap

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018