Boyolali (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Embarkasi Surakarta dalam penyelenggaraan ibadah haji 2018 diharapkan tetap dapat menjaga kualitas pelayanan terhadap jemaah calon haji yang terbaik dari 12 embarkasi di Indonesia.

"Embarkasi Surakarta Jateng ini, pada penyelenggaraan tahun lalu mendapat penilaian paling bagus dalam pelayanan dibanding embarkasi lainnya," kata Gubernur usai melepas rombongan jamaah calon haji kloter pertama asal Kabupaten Tegal Jateng di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa pagi.

"Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, lebih tertata, sehingga kami berharap hingga akhir kegiatan bisa melayani dengan baik," kata Gubernur yang didampingi Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Farhani.

Gubernur mengatakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng sebagai penyelenggara mengorganisasikan bekerja sama Pemda yang menyediakan sarananya, dan dibantu TNI/Polri, sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik.

Kendati demikian, Gubernur mengimbau calon jemaah haji yang belum diberangkatkan agar tetap menjaga kesehatannya, menyiapkan dokumen pribadinya, jamaah dalam satu kelompok tetap terikat, sehingga mereka tidak terpisah. Jamaah jika merasa sakit tidak segan untuk bertanya kepada petugas pendamping kloternya.

Gubernur memberikan pesan kepada rombongan jemaah calon haji kloter pertama untuk mendoakan Negara Indonesia pada umumnya, Jawa Tengah, dan sanak keluarganya agar diberikan keselamantan dan kesejahteraan.

Kepala PPIH Embarkasi Surakarta Farhani mengatakan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, jumlah jemaah yang akan diberangkatkan sebanyak 34.112 calon haji atau meningkat 33.837 calon haji dibanding tahun sebelumnya.

PPIH Embarksi Surakarta memberangkatkan jamaah sebanyak 34.112 orang terdiri atas 30.479 calon haji asal Jateng, 3.158 dari Jogya (DIY), serta 475 petugas pendamping kloter. Jumlah itu, akan dibagi menjadi 95 kloter, dimulai tanggal 17 Juli hingga 26 September 2018.

PPHI Embarkasi Surakarta pemberangkatan kelompok terbang (Kloter) pertama sebanyak 359 jamaah calon haji asal Tegal Jateng ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, sekitar pukul 05.35 WIB.

"Rombongan calon haji akan menempuh perjalanan udara ke Tanah Suci kurang lebih dengan waktu 10 jam, dan diperkirakan akan tiba di bandara Medinah di Arab Saudi, sekitar pukul 13.20 WIB," katanya.

Rombongan jamaah calon haji kloter pertama setelah mengikuti upacara pelepasan di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, kemudian langsung memasuki bus masing-masing sekitar pukul 03.00 WIB dan meninggalkan asrama menuju ke bandara.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018