"Delapan kali latihan dilaksanakan di tingkat distrik dan satu kali di tingkat kabupaten ..."
Timika (ANTARA News) -  Sebanyak 141 calon haji sesuai kuota untuk Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, akan diberangkatkan ke Tanah Suci, minggu depan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Adrianus Utler di Timika, Kamis, mengatakan pada musim haji 2018 ini wilayahnya  hanya mendapat kuota sebanyak 141 calon haji.

"Tahun 2017 lalu jatah untuk kabupaten Mimika sebanyak 191 orang, sementara tahun ini menurun menjadi 141 orang. Itu memang sudah ditentukan berdasarkan estimasi di Provinsi," ujarnya.

Sebanyak 141 calon haji ini akan diberangkatkan ke embarkasi Makassar pada 23 Juli mendatang dari Timika. Selanjutnya pada 28 Juli akan dilakukan pelepasan tingkat provinsi Papua di Makassar. Mereka akan berangkat dengan kloter sembilan embarkasi Makassar.

Sementara itu, terkait kesiapan pelaksanaan ibadah haji para calon dari Kabupaten Mimika, Adrianus mengatakan semua persiapan telah dilakukan termasuk pendampingan dari Kemenag Timika terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji.

"Delapan kali latihan dilaksanakan di tingkat distrik dan satu kali di tingkat kabupaten dan itu sudah selesai dilaksanakan. Tes kesehatan juga sudah dilaksanakan," ujarnya.

Selain itu, Adrianus juga mengingatkan jamaah calon haji yang mendapat kuota pada musim haji 2019 agar segera melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan sehingga dalam waktu dekat dapat dikirim ke Kementerian Agama maupun Kanwil Kemenag Provinsi Papua di Jayapura.

Hingga Juli 2018, daftar tunggu jamaah calon haji dari Kabupaten 3.905 Mimika sudah mencapai. 

Baca juga: Dua calon haji Riau batal berangkat

Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018