Jakarta (ANTARA News) - Berbagai kegiatan dan lomba unik digelar dalam Pameran Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) Indonesia 2018, seperti Zerowaste Action Selfie Challenge yang dilansir dari laman Instagram resmi PLHK 2018 @enviweek, di Jakarta, Kamis (19/7).

Zerowaste Action Selfie Challenge dari Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK mengajak masyarakat untuk beraksi dalam mendukung pengendalian sampah plastik.

Cara mengikuti lomba ini cukup mudah, cukup berswafoto sambil menunjukkan aksi pengendalian sampah plastik dan unggah fotonya di akun instagram pribadi.

Challenge akan ditutup pada 21 Juli, pemenang akan mendapatkan hadiah menarik dari Direktorat Pengelolaan Sampah - KLHK

Selain itu, pameran akan diisi dengan talkshow yang pastinya akan memberi pengetahuan baru seputah lingkungan hidup, terutama limbah.

Pada hari Kamis (19/7), talkshow bertajuk "Menuju Kota Tanpa Sampah Kantong Plastik" digelar pukul 14.00-15.00 WIB.

Nadya Mulya sebagai Duta Diet Kantong Plastik akan memerankan perannya sebagai moderator, serta pembicara yang tak kalah menarik, seperti Rosa Vivien Ratnawati (Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK) dan Ibnu Sina (Walikota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan).

Sedangkan pada hari berikutnya, yakni hari Jumat (20/7), talkshow "No Straw Movement" dimulai pukul 10.00-11.00 WIB yang akan dipandu oleh moderator Swietenia Puspa Lestari (Executive Director, Divers, Clean Action).

Baca juga: Susi Pudjiastuti: ancaman terhadap laut masih tinggi

Baca juga: Bank Dunia diharapkan dukung indonesia perangi sampah plastik


Di laman Instagram itu juga diberitahu bahwa beberapa pembicara akan mengisi acara, seperti Novrizal Tahar (Direktur Pengelolaan Sampah,KLHK) dan Madhina Suryadi (Putri Selam Indonesia 2017).

Sebelumnya, hari ini (Kamis, 19/7), Pameran Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (PLHK) 2018 digelar dari 19-21 Juli di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Ada berbagai kegiatan di sana, bahkan mini zoo, dapat memberikan edukasi yang mumpuni bagi anak-anak yang berkunjung.

Baca juga: KLHK gelorakan pengurangan sampah kantong plastik

Baca juga: Kurangi sampah plastik, Yogyakarta siapkan gerakan 1.000 "tumbler"

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018