Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan jaringan pemasaran online untuk menjual produk mereka.

"Seiring dengan era persaingan global, pelaku UMKM harus terus meningkatkan kreativitasnya," kata Iriana ketika membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat.

"Pelaku UMKM juga perlu terus mengembangkan metode pemasaran termasuk pemasaran dalam jaringan atau online," katanya.

Dalam pameran UMKM binaan Bank Indonesia dari seluruh Indonesia yang dihadiri pula oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla itu, 
Iriana mengatakan usaha kecil menengah merupakan tulang punggung perekonomian nasional yang banyak mempekerjakan orang.  

Ibu Negara dalam acara itu juga sempat mengundang pelaku UMKM ke panggung untuk menceritakan pengalaman dalam pengembangan usahanya, termasuk perajin kain tapis dari Lampung, Nurbaiti.

"Saya membuat kain tapis sejak kelas V SD, dibina oleh BI sejak dua tahun lalu," kata Nurbaiti, yang mendapat pembinaan dari perancang Wignyo Rahardjo.

Ia mengatakan pembinaan dari preancang membuatnya bisa menyelesaikan kain tapis lebih cepat, hanya sekitar setengah bulan, dari sebelumnya tiga sampai empat bulan, dan mengikuti pameran mendukung peningkatan omzet bisnisnya.

Pameran Karya Kreatif Indonesia yang berlangsung 20-22 Juli 2018 mencakup 70 gerai. Pembukaan pameran, yang juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM AA Puspayoga dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, mencakup acara peragaan busana dari perancang Denny Wirawan, Deden Siswanto dan Dian Pelangi. Para perancang itu merancang pakaian menggunakan kain hasil kerajinan para pelaku UMKM. 
 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018