Magetan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magetan menetapkan Suprawoto dan Nanik Endang Rusminiarti sebagai Bupati dan Wakil Bupati Magetan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Bupati-Wakil Bupati Magetan terpilih di halaman KPU Magetan, Jawa Timur, Rabu.

Ketua KPU Magetan Hendrad Subyakto mengatakan, Magetan tidak termasuk dalam daftar daerah yang mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan bupati-wakil bupati ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Magetan tidak termasuk yang mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati. Sesuai ketentuan, paling lama tiga hari setelah MK melakukan registrasi (23 Juli) bagi daerah yang tidak termasuk dalam daftar permohonan perselisihan hasil pemilihan bupati-wakil bupati harus melakukan penetapan," jelas Hendrad.

KPU Magetan menetapkan pasangan bupati-wakil bupati nomor urut tiga, Suprawoto-Nanik Endang Rusminiarti sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Magetan 2018 dengan memperoleh 164.932 suara atau 43,01 persen.

Ia menuturkan, KPU Magetan akan segera mengirimkan berita acara dan surat keputusan penetapan bupati-wakil bupati ke DPRD Kabupaten Magetan.

"Secepatnya kami akan mengirimkan berita acara dan surat keputusan penetapan bupati dan wakil bupati kepada DPRD Kabupaten Magetan. Karena berdasarkan berita acara dan surat keputusan tersebut, DPRD Kabupaten Magetan yang akan mengusulkan pelantikan bupati dan wakil bupati," jelasnya.

Sidang pleno terbuka dihadiri pasangan bupati-wakil bupati Magetan terpilih, Suprawoto-Nanik Endang Rusminiarti yang pada pemilihan kepala daerah 27 Juni lalu sebagai pasangan calon nomor urut tiga.

Sementara pasangan calon bupati-wakil bupati nomor urut satu, Suyatni Priasmoro-Nur Wahid tidak hadir. Sedangkan pasangan calonbupati-wakil bupati nomor urut dua, Miratul Mukminin-Joko Suyono diwakili Joko Suyono.

Saat memberikan sambutan, Suprawoto mengatakan siap menjunjung tinggi amanah yang diberikan warga Magetan.

"Memilih pejabat politik itu substansinya adalah memilih pelayan masyarakat. Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rakyat Magetan yang telah memilih kami. Amanah ini akan kami junjung tinggi," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018