Seluruh kendaraan diperiksa secara menyeluruh dari arah Muaradua Kabupaten OKU Selatan maupun dari arah Baturaja
Baturaja (ANTARA News) - Kasus pencurian hewan yang biasanya untuk kurban kadang terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha.

Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, meningkatkan patroli dan gencar menggelar razia di wilayah itu guna mengantisipasi pencurian hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2018.

"Untuk mencegah aksi pencurian hewan ternak sapi dan kambing menjelang hari raya kurban, kami terus meningkatkan patroli dan razia di jalan raya khususnya di wilayah perbatasan," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP NK Widayana Sulandari di Baturaja, Kamis.

Seluruh jajaran Polsek di setiap kecamatan diingatkan untuk meningkatkan patroli serta menggelar razia di jalan raya untuk mengantisipasi pencurian hewan kurban yang biasanya marak terjadi menjelang Idul Adha.

"Khususnya jajaran Polsek yang berada di wilayah perbatasan harus meningkatkan patroli dan razia memeriksa setiap angkutan muatan barang seperti truk dan kendaraan pribadi serta mobil boks yang melintas," katanya.

Pihaknya pernah menggagalkan aksi pencurian hewan kurban di wilayah hukum Polres OKU dilakukan pelaku dalam mencuri sapi dan kambing menggunakan kendaraan pribadi serta dump truk.

Baca juga: Kementan prediksi kebutuhan hewan kurban 1,5 juta ekor

Kapolsek Kecamatan Lengkiti Iptu Marjuni secara terpisah mengatakan anggota kepolisian Polsek setempat saat ini gencar melakukan patroli dan razia guna mengantisipasi adanya aksi pencurian hewan kurban menjelang Idul Adha tahun ini.

"Seluruh kendaraan diperiksa secara menyeluruh dari arah Muaradua Kabupaten OKU Selatan maupun dari arah Baturaja," katanya.

Pemeriksaan tidak hanya dilakukan untuk angkutan barang saja, namun kendaraan pribadi juga menjadi sasaran dalam razia tersebut.

Sebab, lanjut dia, para pelaku pencurian sekarang juga banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mencuri hewan ternak.

"Razia ini juga dilakukan untuk mencegah peredaran narkoba, senjata tajam dan senjata api ilegal yang berpotensi digunakan menjalankan aksi kriminalitas di wilayah hukum Polsek Lengkiti dan sekitarnya," ujarnya.

Baca juga: Pedagang hewan kurban diminta perhatikan kebersihan tempat
Baca juga: Sapi ngamuk dan lari ke terminal saat hendak disembelih

 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018