Dirut Semen Tonasa motivasi siswa mengenal nusantara

id siswa mengenal nusantara 2018

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan (tiga kanan) memberikan cendera mata kepada perwakilan PT Bukit Asam (enam kiri) disaksikan Senior Manejer PKBL PT Semen Indonesia, Febriwan (empat kanan) bersama jajaran perwakilan BUMN PT IKI dan KIMA serta perwakilan Dinas Pendidikan Sulsel saat pelepasan dan penyambutan peserta SMN di Makassar, Sabtu (11/8) malam. (Foto Antara/Darwin Fatir/18).

Makassar (ANTARA News) - Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan mewakili PT Semen Indonesia memberikan motivasi kepada seluruh peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Sulsel yang akan berangkat ke Sumatera Barat (Sumbar) dan SMN Sumbar yang tiba di Sulsel.

"Mari jaga nama baik daerah kita masing-masing. Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa," ujarnya saat membuka acara pelepasan dan penerimaan peserta SMN di Makassar, Sabtu (11/8) malam.

Subhan mengatakan untuk SMN dari Provinsi Sumatera Barat terdapat 25 orang wakil siswa terbaik berprestasi dari SMA, SMK dan SLB beserta tujuh pendamping akan dikenalkan di Sulsel.

Begitu pun sebaliknya, 27 siswa dan tiga orang pendamping dari Provinsi Sulsel akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat. Mereka akan berkunjung ke daerah masing-masing untuk menggali dan mengenal budaya, edukasi, tempat bersejarah dan lainnya.

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ini merupakan program pertukaran pelajar antarprovinsi di Nusantara yang diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tujuannya menanamkan cinta Tanah Air, mengenal keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi," ujarnya.

Menurut dia, kehadiran BUMN di seluruh provinsi di Indonesia diharapkan dapat menjadi pendorong pengembangan ekonomi di daerah, khususnya wilayah terdepan, terluar dan tertinggal atau 3T.

Melalui pertukaran pelajar ini, kata dia, perusahaan berkomitmen menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air pada generasi muda, khususnya siswa.

"Kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman itu merupakan kekuatan NKRI. Di tangan generasi muda, potensi bangsa yang besar dapat diolah dengan baik yang akan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang besar," ucapnya.

Pelepasan Siswa Mengenal Nusantara juga ditandai dengan penabuhan gendang oleh Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan, bersama Perwakilan Kodam XIV Hasanuddin, Kolonel Heri Prakosa, dan Perwakilan dari Dinas Pendidikan Makassar H. Misi, Senior Manajer PKBL PT Semen Indonesia Febriwan, perwakilan PT KIMA, PT IKI, perwakilan PT Bukit Asam Sumbar,  serta sejumlah pihak terkait.

PT Semen Indonesia sebagai koordinator pelaksanaan SMN wilayah Sulsel dibantu PT Kawasan Industri Makassar (KIMA) dan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) memberikan dukungan penuh atas Program BUMN Hadir untuk Negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dalam rangka HUT Ke-73 Republik Indonesia

Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel H Misi pada kesempatan itu menambahkan, kegiatan SMN yang dilaksanakan BUMN merupakan bagian dari pencerdasan anak bangsa untuk sama-sama menemukenali potensi dan budaya, sejarah di masing-masing daerah.

"Kami memberikan apresiasi dan rasa bangga anak-anak terbaik bangsa diberikan ruang untuk sama-sama mengenali Nusantara dengan keberagaman budaya, edukasi dan sejarahnya demi keutuhan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, " katanya.

Pada kesempatan itu juga Asisten Teritorial Kodam XIV/Hasanuddin Kol. Her Prakosa menyatakan siap mendukung program Kementerian BUMN Hadir untuk Negeri, melalui kerja sama dengan PT Semen Indonesia untuk melaksanakaan kegiatan "SMN 2 Hari Bersama TNI" di Pakatto, Malino (Kabupaten Gowa).

Dalam rangkaian acara pelepasan dan penerimaan SMN itu masing-masing perwakilan siswa, baik dari Sulsel maupun Sumbar menunjukkan kebolehan menyanyi dan menampilkan tari-tarian khas daerah setempat.

Program BUMN Hadir untuk Negeri di wilayah Sulsel yang dilaksanakan PT Semen Indonesia bersama PT IKI dan PT KIMA menggelar berbagai kegiatan antara program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), jalan sehat, dan upacara bendera peringatan HUT RI dilaksanakan di Kabupaten Jeneponto.

Rangkaian kegiatan SMN dari Sumbar saat berada di Sulsel selama tujuh hari akan mengunjungi berbagai lokasi sejarah dan budaya, seperti Benteng Fort Rotterdam, Pantai Losari, Sanggar Tari Celebes Indonesia, Rumah Kreatif, dan Perpustakaan dan Arsip Daerah Sulsel.

Selanjutnya ke wisata alam Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Benteng Somba Opu, SMA unggulan Malino, Makam Kerajaan Binamu Jeneponto, PLTB Jeneponto dan Trans Studio Makassar, pabrik semen Tonasa dan industri kapal Indonesia.

Baca juga: BUMN Hadir - Siswa Mengenal Nusantara pelajari tradisi Kulawi

Baca juga: BUMN Hadir - Siswa Mengenal Nusantara Manado jelajahi Pulau Rote

Baca juga: SMN asal Papua diajarkan komunikasi efektif

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar