Para siswa SMN Sumsel menaiki "foamtender"

id siswa mengenal nusantara 2018

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) melakukan simulasi pemadaman kebakaran saat berkunjung di Markas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu (11/8/2018). Program SMN Provinsi Sumsel yang digelar oleh Angkasa Pura II cabang Bandara SMB II Palembang dan Indofarma ini memberikan kesempatan para peserta terpilih untuk tahu lebih banyak tentang BUMN lewat kunjungan lapangan. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA News) - Sebanyak 10 dari 23 orang pelajar yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara Sumatera Selatan program "BUMN Hadir Untuk Negeri" 2018 mendapat kesempatan menaiki kendaraan foamtender di Airport rescue fire fighting Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Semuanya ingin menaiki tapi dipilih 10 orang siswa saja yang mewakili yang lainnya untuk melihat langsung bagaimana kerja dari mobil foamtender untuk memadamkan kebakaran dengan semburan air yang dikeluarkan," ujar Kepala Dinas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran Bandara SMB II Palembang Encep saat kunjungan Siswa Mengenal Nusantara 2018 Sumsel ke PT Angkasa Pura II Kantor Cabang SMB II Palembang, Sabtu.

Para siswa SMN hasil seleksi dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel ini diberi penjelasan apa saja yang menjadi tugas dari PK OPK yakni mengatasi kejadian terutama kejadian gawat darurat di Bandara SMB II.

Kejadian gawat darurat meliputi kecelakaan pesawat, kebakaran semak belukar sekitar bandara dan ancaman bom.

Sedikitnya ada lima armada yang bersiap dengan 42 personel yang sudah terlatih.

Selain itu dua siswa juga mencoba kostum tahan api dan alat bantu pernafasan untuk menerobos ruangan asap.

Sebelumnya para siswa mengunjungi kantor PT Angkasa Pura II yang disambut oleh manajer operasional, Zulbrito.

Dia mengatakan kondisi Bandara SMB II jauh lebih baik, salah satunya hadirnya jembatan akses atau skybridge kereta layang ringan atau LRT.

Dari terminal bandara tersedia eskalator menuju stasiun LRT, memiliki ruang check in dan ruang tunggu yang luas.

"Sebelum masuk ke ruang cek in, barang bawaan akan diperiksa oleh X-ray atau alat pendeteksi terbaru dengan dua sisi," kata Zulbrito.

Dia berharap para SMN Sumsel yang dipersiapkan oleh AP II ke Surabaya, Jawa Timur untuk mengikuti berbagai kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di di sana pekan ini agar masa mendatang bisa menjadi pemimpin negeri ini bahkan menjadi pegawai di PT Angkasa Pura II.

"Kalau yang mimpin bandara ini dari putra daerah pasti bangga sekali," katanya.*

Baca juga: SMN Yogyakarta diminta eksplorasi budaya Kalteng

Baca juga: Peserta SMN sumut belajar anyam noken

Baca juga: Dirut Semen Tonasa motivasi siswa mengenal nusantara


 

Pewarta : Indra Gultom
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar