Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia atau "World Organization of Scout Movement" (WSOM) Ahmad Alhendawi mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73 yang akan diperingati pada 17 Agustus 2018.

"Selamat sentosa untuk Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 untuk semua rakyat Indonesia. Selamay karena Indonesia terus berkembang setiap hari. Indonesia hari ini lebih majemuk, lebih kuat dan lebih mampu mengatasi berbagai tantangan di masa depan," kata dia dalam wawancara eksklusif dengan Antara di Jakarta, Selasa.

Alhendawi hadir di Jakarta untuk menghadiri upacara peringatan Hari Pramuka Sedunia, 14 Agustus, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Sekjen yang berasal dari Yordania tersebut juga memberikan pesan khusus bagi para pemuda Indonesia agar menjadi agen perubahan yang positif bagi kemajuan Indonesia.

"Masa depan Indonesia yang Anda warisi dari perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kemerdekaan di masa lalu, kini berada di tangan Anda untuk meneruskan pembangunan, kesejahteraan, dan membuat Indonesia sebagai negara besar yang diperhitungkan dunia," kata dia.

Dalam kapasitasnya sebagai sekjen Gerakan Pramuka Sedunia, Alhendawi berharap para pemuda Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai kepanduan dalam kehidupan mereka hingga akhirnya terjun ke masyarakat.

Alhendawi sekaligus mengagumi langkah Indonesia yang memasukkan gerakan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

"Indonesia memiliki penduduk muda yang besar, jika setiap anak dibekali nilai-nilai Pramuka untuk kemudian terus mereka bawa hingga dewasa, hingga saat mereka menjadi pegawai bank, bekerja di sektor swasta, pejabat pemerintah, atau bahkan menteri, atau seorang prajurit, saya pikir masa depan Indonesia akan lebih baik," kata dia.

Alhendawi menambahkan, nilai-nilai yang tertuang pada Dasadharma Pramuka merupakan adopsi dari nilai-nilai universal yang dianut oleh sebagian besar penduduk dunia.

"Itulah mengapa nilai-nilai kepramukaan sering disebut sebagai nilai-nilai warga negara global," kata dia.

Sebelumnya, Alhendawi juga telah menyampaikan pidato kunci dalam pembukaan Konferensi Disapora Pemuda Indonesia di Jakarta.

Sekjen Gerakan Pramuka Sedunia hadir di Indonesia didampingi Direktur WOSM Asia Pasifik JRC Pangilinan dari Filipina. 

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018