Yogyakarta, (ANTARA News) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Jumat.

Tepat pukul 10.00 WIB, sirine yang ada di beberapa titik komplek Gedung Agung Yogyakarta dibunyikan sebagai tanda dimulainya Upacara Peringatan Detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Pengibaran Bendera Kebangsaan Merah Putih.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 WIB dengan Inspektur Upacara Gubernur DIY Sri Sultan HB X itu dihadiri ratusan peserta tamu undangan dari TNI, Polri, SKPD (satuan kerja perangkat daerah) di lingkungan Pemda DIY, DPRD DIY, pelajar, mahasiswa, serta pramuka.

Gubernur DIY memasuki lapangan upacara sekitar pukul 09.57 WIB itu kemudian dilanjutkan dengan penghormatan pasukan dan selanjutnya disampaikan laporan oleh Komandan Upacara untuk dimulainya upacara.

Setelah pembunyian sirine selama kurang lebih satu menit upacara dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua DPRD DIY dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin inspektur upacara dan ditutup dengan doa.

Suasana semakin khidmat saat pasukan pengibar bendera Merah Putih memasuki lapangan upacara. Pasukan pengibar bendera yang berasal dari siswa SMA berprestasi se-DIY itu memasuki lapangan upacara setelah doa dipanjatkan.

Upacara tahunan tersebut menarik masyarakat Yogyakarta serta wisatawan yang melintas di depan Gedung Agung yang tidak jauh dari kawasan wisata belanja Malioboro untuk menyaksikan rangkaian upacara kemerdekaan secara langsung.

Ratusan warga masyarakat Yogyakarta dan wisatawan yang melintas di Jalan Malioboro dari anak-anak maupun dewasa tersebut antusias menyaksikan upacara kemerdekaan dari balik pagar sisi timur halaman Gedung Agung Yogyakarta.*

Baca juga: Di Mataram, bendera berkibar tanpa upacara

Baca juga: KJRI Tawau gelar donor darah peringati HUT RI

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018