Jakarta (ANTARA News)  - Arus Baru Muslimah (ABM) mendeklarasikan dukungan untuk Pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilihan Umum Presiden (Pilpres)  2019 di Jakarta,  Minggu.
 
Deklarasi berangkat dari kepedulian terhadap para pemilih perempuan agar tidak hanya menjadi objek politik oleh oknum politisi atau bahkan menjadi korban politik praktis.

Hadir dalam acara itu Cawapres KH Ma'ruf Amin, Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf,  Erick Thohir, Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia  (PKPI) Diaz Hendropriyono, artis Reza Artamevia.

Ketua ABM Munifah Syanwani mengatakan peran perempuan dalam Islam memiliki posisi setara dengan laki-laki dalam menopang ekonomi dan upaya peningkatan derajat ekonomi.

Hal tersebut dimulai dari lini terkecil yakni keluarga dengan peningkatan kecerdasan perempuan melalui pendidikan sehingga kapabilitas perempuan mampu diperhitungkan secara konkret.

Dalam acara yang berlangsung di Balai Kartini Jalan Gatot Subroto Jakarta itu,  Munifah juga mengajak para perempuan khususnya Muslimah di Indonesia untuk cerdas dalam memilih pada pemilu mendatang dengan memilih pasangan yang memiliki program jelas dalam peningkatan ekonomi umat seperti pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Deklarasi Nasional ABM menghimpun massa perempuan sekitar 1.000 peserta dari 34 provinsi di wilayah Indonesia. Sebagian peserta dalam acara itu mengenakan baju warna putih dan hijab warna merah dan putih.

Melalui deklarasi nasional itu,  ABM berupaya menyatukan aktivis perempuan yang memiliki visi dan misi dalam satu wadah, menyatakan sikap mendukung penuh dan siap untuk menyatukan langkah pemenangan dan dukungan penuh kepada Joko Widodo dam KH Ma'ruf Amin pada pesta demokrasi 2019 sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024.

Data Pemilih Sementara KPU menunjukkan suara perempuan menjadi target pendulangan suara pada pemilu serentak 2019.

Hampir 50 persen adalah suara perempuan dari total pemilih terdaftar yang mencapai 185.639.674 orang. 

Jumlah pemilih perempuan pada pemilu diyakini menjadi kunci pemenangan calon dalam pesta demokrasi mendatang.

ABM berupaya tampil dan menjadi elemen penting sebagai wadah perkumpulan dan kelompok perempuan di tingkat basis yang terdiri dari perwakilan kelompok pengajian,  organisasi perempuan, ormas keagamaan dan sosial termasuk tokoh nasionaldari 34 provinsi di Indonesia.

Pilpres 2019 diikuti dua Pasangan Calon Presiden dan Wapres yaitu Jokowi-Ma'ruf dengan nomor urut 01 dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno atau Prabowo-Sandiaga dengan nomor urut 02.

Pemungutan suara untuk Pilpres 2019 akan dilakukan pada 17 April 2019.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018