...saya ingin membangun 1.000 perpustakaan di Kota Surabaya. Dan saat ini Surabaya mempunyai 1.498 perpustakaan...
Jakarta (ANTARA News) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meraih penghargaan Purwakalagrha sebagai Pejabat Peduli Museum 2018 karena dinilai telah memberikan sumbangan nyata bagi perkembangan museum, khususnya di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Saya punya mimpi saat saya jadi Wali Kota, bukan hanya ada satu perpustakan di Surabaya, tetapi saya ingin membangun 1.000 perpustakaan di Kota Surabaya. Dan saat ini Surabaya mempunyai 1.498 perpustakaan ," kata Risma dalam sambutannya pada acara Indonesia Museum Awards di Perpustakaan Nasional Jakarta, Minggu.

Risma menceritakan keinginannya membangun banyak perpustakaan di Kota Surabaya berangkat dari harapannya agar generasi muda di kotanya tidak melupakan sejarah.

Surabaya sudah dikenal sebagai Kota Pahlawan dan Risma ingin anak-anak muda di kotanya tahu sejarah pemberian julukan tersebut. Dia antara lain mewujudkannya dengan acara rutin berkeliling bersama para veteran di Kota Surabaya untuk menjelaskan kepada anak sekolah mengenai lokasi dan gedung bersejarah di kota.

"Saya membuat sekolah kebangsaan, saya menjelaskan tempat-tempat bersejarah di Kota Surabaya, saya menceritakan tentang gedung itu dengan didampingi oleh para veteran, meskipun saya sendiri juga belajar," tuturnya.

Indonesia Museum Awards merupakan penghargaan tahunan yang diberikan untuk mengapresiasi dan melestarikan keberadaan museum di Indonesia. Tahun ini acara penghargaan mengusung tema "Hyperconnected Museums: New Approaches, New Publics".

Baca juga: Sultan HB X terima penghargaan Purwakalagrha
 

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018