Nilai-nilai cinta tanah air, cinta bangsa, dan pantang menyerah adalah semangat yang terus kami jaga
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berama Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) melakukan kerja sama di bidang pendidikan karakter.

"Melalui kerja sama ini, kami mengharapkan terjadinya peningkatan pendidikan karakter serta memperkuat nasionalisme pada generasi muda," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan pada acara penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta, Selasa.

Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia, Rais Abin.

Muhadjir menambahkan pendidikan itu sebenarnya adalah proses pewarisan nilai. Nilai-nilai yang agung, yang luhur, biasanya ada pada para pendahulu.

"Semestinya ditransfer, diwariskan ke generasi yang lebih muda," tambah dia.

Muhadjir mengakui beratnya tantangan dunia pendidikan, khususnya dalam penanaman nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Selain faktor globalisasi dan perubahan teknologi yang memengaruhi sikap dan perilaku masyarakat, Mendikbud juga menyampaikan tantangan dari praktik otonomi daerah. Untuk itu pelibatan masyarakat sangat diperlukan bagi suksesnya program-program pemerintah di bidang pendidikan.?

Kerja sama antara Kemendikbud dengan Legiun Veteran Republik Indonesia ini bertujuan untuk dapat menanamkan jiwa, semangat, dan nilai-nilai kejuangan 1945 melalui pendidikan karakter kepada generasi muda.

Ketua Umum LVRI, Rais Abin, menyambut baik kerja sama terkait penguatan pendidikan karakter tersebut. Pihaknya merasa bangga dan terhormat diberikan kesempatan dalam penyiapan generasi penerus bangsa. Menurut dia, para veteran di seluruh Indonesia siap mendukung penguatan karakter bangsa.

"Nilai-nilai cinta tanah air, cinta bangsa, dan pantang menyerah adalah semangat yang terus kami jaga," cetus Rais.

Ruang lingkup kerja sama yang berlaku selama lima tahun ini meliputi penyusunan dan penyampaian materi penguatan pendidikan karakter terkait penanaman jiwa, semangat, dan nilai-nilai kejuangan 1945. Para veteran juga dilibatkan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Baca juga: LVRI-Kemendikbud jajaki kerja sama pelatihan sejarah
 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018