Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menjelaskan hubungannya dengan model Steffy Burase yang disebut-sebut sebagai istri sirinya.

"Kami pernah berencana untuk menikah. Sudah persiapan, tapi akhirnya tidak jadi," kata Irwandi di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.

Irwandi bersaksi untuk Bupati Bener Meriah Ahmadi yang didakwa menyuap dirinya sebesar Rp1,05 miliar agar mengarahkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) provinsi Aceh untuk menyetujui rekanan yang diusulkan Ahmadi mendapat program yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018 di kabupaten Bener Meriah.

"Benar, kalau mau menikah tidak butuh izin dari bapak dan ibunya bicara Islam pun saya tidak perlu butuh izin dari saya. Karena ini perkara tidak usah dulu, jadi menurut saya, saya belum pernah menikah (dengan Steffy)," tambah Irwandi.

Padahal dalam sidang sebelumhya terungkap ada dokumen yang menyatakan keduanya terikat dalam hubungan pernikahan sebagai kelengkapan persiapan umrah.

"Dia berusaha membuat dokumen untuk persiapan umrah, surat nikah, tapi tidak pernah dipakai, akhirnya datang masing-masing," ungkap Irwandi.

"Memang belum ada izin dari istri saudara?" tanya hakim.

"Belum," jawab Irwandi.

"Tapi pernah minta izin istri saudara?" tanya hakim.

"Pernah, begini waktu sama istri saya tanya 'Bagaimana kalau saya menikah lagi?' Kata dia silakan asal bukan nikah dengan orang Aceh dan di Aceh, di luar Aceh boleh. Apakah kamu tidak marah? 'Ya saya marah, bagaimana tidak marah, tapi saya marah berapa lama sih'? Apakah kamu akan ngamuk-ngamuk? Dijawab 'nggak ngamuk saya'," jawab Irwandi menirukan pembicarannya dengan istri pertama.

Namun Irwandi mengaku bahwa istri pertamanya Darwati A Gani kenal dengan Steffy Burase.

Terkait dengan pesan "whatsapp" kepada isteri Irwandi yaitu Daswati A Gani dari Steffy perihal permohonan izin menikah Steffy dan Irwandi, menurut Irwandi hanya untuk mengecek reaksi istri pertamanya.

"(Tulisan) itu bukan dari hp Steffy, tapi saya ketik untuk melihat bagaimana reaksi istri saya apakah memungkinkan untuk menikahkan, ya sudah. Saya tidak bisa ambil kesimpulan boleh atau tidak, yang tahu sudah atau belum nikah itu yang tahu saya. Sudah saya jelaskan," ungkap Irwandi.

Irwandi pun menegaskan bahwa ia benar mau menikah tapi tidak jadi.

"Benar (mau menikah) tapi tidak jadi," kata Irwandi.

"Waktu ditangkap ditengok tidak?" tanya jaksa.

"Ditengok istri tadi barusan," jawab Irwandi.

"Kalau Steffy nengok tidak?" tanya jaksa.

"Tidak, kan kalau ketemu saksi tidak boleh, kalau saksi boleh nengok terdakwa ya nengok juga," jawab Irwandi yang disambut tawa pengunjung sidang.
 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018