Badung, Bali (ANTARA News) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, mengunjungi Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Penarungan, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Menko Puan Maharani mengatakan kunjungannya ke Desa Penarungan untuk memastikan bahwa program Kampung KB di Desa Penarungan telah berjalan.

Berdasarkan pengamatan, ia menilai program-program sebagai kampung KB sudah dilaksanakan di Desa Penarungan.

"Kami ingin memastikan apakah pemerintah daerah sudah menjalankan program-program pemerintah pusat. Jadi itu sudah dijalankan seperti pemberian Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan (PKH) sudah berjalan," ujarnya.

Dalam kunjungan itu, pihaknya juga ingin memastikan apakah sinergi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat telah berjalan dengan baik di Kabupaten Badung.

"Ternyata Pemerintah Kabupaten Badung sudah menerapkan program-program terkait kesejahteraan masyarakat. Seperti melahirkan gratis, sekolah gratis, santunan kepada lansia dan PKH juga sudah berjalan. Berarti Badung sudah menerjemahkan dengan baik program pemerintah pusat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyerahkan bantuan makanan sehat untuk ibu hamil, balita, dan Kartu Indonesia Pintar kepada siswa SD dan SMP di Desa Penarungan sekaligus berdialong dengan masyarakat penerima bantuan.

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang didampingi Ketua DPRD Badung I Putu Parwata mengatakan bangga dan mengapresiasi Menko PMK yang kembali bisa mengunjungi Desa Penarungan.

"Tahun 2016 lalu, Ibu Menteri juga datang dalam rangka pencanangan Desa Penarungan sebagai kampung KB. Atas kecintaannya kembali beliau menyempatkan untuk berkunjung kembali," katanya.

Pemkab Badung selalu berusaha secara sungguh-sungguh dalam membina dan memberikan pendampingan pelaksanaan program KB kepada masyarakat.

Pemkab Badung juga terus bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menyukseskan program KB.

"Dari 46 desa di Badung, sudah terbentuk 12 kampung KB. Ini akan terus berprogres. Kehadiran Ibu Menteri kami harapkan bisa menjadi pemantik mempercepat terbentuknya kampung-kampung KB di Badung," ujarnya.

Wabup Suiasa mengatakan Pemkab Badung telah melakukan berbagai kebijakan strategis yang berkaitan dengan meningkatkan derajat kualitas hidup masyarakat dalam mempercepat kebahagiaan.

"Contohnya seperti memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, balita dan lansia secara `jemput bola`. Melahirkan di Badung gratis, setelah melahirkan langsung kami berikan akta kelahiran dan Kartu Indonesia Pintar," ujarnya. (KR-NFY).
 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018