Jakarta (ANTARA News) - Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat kecamatan yang bertujuan meningkatkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi terhadap orang asing di tingkat terkecil.

Pembentukan itu ditandai dengan penandatanganan piagam dari 10 Camat di wilayah Jakarta Timur yang disaksikan langsung oleh Sekretaris Kota Jakarta Timur dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Saat dihubungi dari Jakarta, Rabu, Sekretaris Kota Jakarta Timur Usmayadi mengatakan dirinya menyambut baik atas terbentuknya Tim Pora di tingkat Kecamatan wilayah hukum Kota Jakarta Timur.

"Setelah dikukuhkan, Tim Pora ini diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan untuk mengawasi segala kegiatan WNA yang telah masuk ke Jakarta Timur. Dengan adanya Tim Pora, diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengawasi segala aktifitas WNA yang mencurigakan," katanya.

Sementara itu, dalam keterangan yang diterima, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Bambang Sumardiono, menjelaskan, Tim Pora dibentuk untuk meningkatkan efisiensi terhadap orang asing di tingkat Kecamatan.

"Maksud dan tujuan Tim Pora tingkat Kecamatan Jakarta Timur adalah untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, Tim Pora akan dipimpin Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur yang beranggotakan Camat dan Lurah serta Kapolsek dan Danramil. Pengukuhan ini sendiri merupakan implementasi peraturan Menkumham Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

"Dengan dibentuknya Tim Pora tingkat Kecamatan Jakarta Timur kami berharap masing-masing anggota dapat melakukan kegiatan pengawasan terhadap orang-orang asing sesuai dengan tugas pokoknya," tuturnya.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Ruang Serbaguna Dorsata 2 Hotel Best Western Premier The Hive, Kecamatan Jatinegara, Selasa (27/11). 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018