Malang, Jawa Timur (ANTARA News) - Mobil urban listrik tim Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 di Universitas Padang pada 27 November-1 Desember menyabet juara I sekaligus memecahkan rekor Asia, bahkan dunia, dengan capaian 335,09 kilometer per KWH konsumsi listrik.

"Informasi dari panitia, angka yang diraih oleh tim UMM ini memecahkan rekor Asia dan dunia," kata Pembina Tim Mekatronik UMM Mohammad Jufri di Malang, Senin, mengenai mobil urban Genetro Suryo U.E.V 06.

Tim UMM dalam ajang itu berhasil menyisihkan tim dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta berkat kerja keras memodifikasi mobil menjadi lebih efesien dan lebih ringan menurut Mohammad Jufri.

Drive train Mekatronic Team Afrianto bersyukur Mobil Listrik UMM berhasil menjadi kendaraan yang terjauh melaju dengan efisiensi terbaik. "Kami sangat bersyukur target meraih yang terbaik dan membawa pulang gelar juara bisa terwujud," ucap Afrianto.

Mobil listrik andalan UMM itu sekarang sedang dipersiapkan untuk berlaga di Shell Eco Marathon Asia (SEMA) 2019 pada April di California, Amerika Serikat.

Sementara itu, Tim Srikandi yang membawa Hrusangkali Evo 01 di kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline di ajang KMHE 2018 menyatakan puas menjadi juara kategori Desain Estetika Terbaik.

KMHE merupakan kontes yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang setiap tahun memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi.

Baca juga: Mekatronic-Srikandi andalan UMM di kontes mobil hemat energi
 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018