Biak (ANTARA News) - Imam besar Masjid Itiqlal Jakarta Prof KH Nasaruddin Umar mengajak umat Islam di Kabupaten Biak Numfor, Papua senantiasa meneladani akhlak Rasulullah Nabi Muhammad SAW untuk diamalkan dalam kehidupan di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.

"Hari ini peringatan maulid nabi dilaksanakan di kota Biak, akhlak Rasulullah adalah contoh dan suri tauladan yang baik bagi kita," katanya di hadapan seribuan umat Islam pada peringatan Maulid Nabi Muhmammad SAW 1440 Hijriyah, di Biak, Rabu.

Prof Nasaruddin mengajak semua umat Islam untuk dapat merefleksikan kembali tentang kesejarahan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Rasululullah Muhammad SAW, menurut KH Nasaruddin, sebagai Nabi akhir zaman telah banyak mengajarkan sifat-sifat dan akhlak yang baik untuk umat.

Diantara empat sifat Nabi Muhammad SAW? yang diberikan Allah SWT kepada Rasulullah yakni shididiq (benar), amanah (dipercaya), fathonah (cerdas) dan tabligh (menyampaikan).

"Sifat-sifat inilah yang seharusnya kita pedomani sebagai umat Muslim yang menjadi suri tauladan di tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata mantan Wakil Meneteri Agama di era pemerintahan Presiden SBY itu.

Ia mengharapkan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW bisa menambah kecintaan umat akan sikap keteladanan Rasul dalam melanjutkan perjuangan menyerukan kebaikan untuk umat manusia.

Sementara itu, Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Agung Baiturrahman Biak Haji Husen Tamher menyatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan meningkatkan nilai keimanan dan kecintaan umat terhadap perjuangan rasulullah dalam membina umat.

"Momentum peringatan maulid Nabi Muhammad SAW akan memberikan pengajaran akhlak kepada umat Islam dalam mewarisi ketauladan rasul," ujarnya.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah diselenggarakan Badan Kesejahteraan Masjid Aung Baiturahman Biak dihadiri sekitar 1.500 jemaah masjid dan mushala di kota Biak sekitarnya dan berlangsung lancar hingga selesai.*



Baca juga: NU Depok serukan bermunajat agar Indonesia damai

Baca juga: Menhub peringati Maulid ingatkan keselamatan berkendaraan


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018