Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah komunitas membagikan konsumsi gratis berupa roti kepada massa yang tergabung dalam Aksi Bela Muslim Uighur di Kedutaan Besar China di Indonesia, Jakarta Selatan pada Jumat sore.

Pantauan Antara di lapangan terlihat beberapa orang berkeliling sambil membawa roti dalam kardus untuk kemudian dibagikan saat orasi berlangsung.

Baca juga: Massa aksi bela Uighur bersiap sholat Jumat

"Ayo silahkan, gratis," kata seorang peserta demonstran asal Pondok Gede, Jakarta Timur Wiwik.

Wanita berbusana serba putih itu kelihatan senang saat membagikan roti yang menjadi rebutan demonstran.

Selain Wiwik, seorang pria yang tidak ingin disebut namanya juga membagikan roti dalam kardus kepada massa.

Baca juga: Massa tuntut pelanggaran HAM Muslim Uighur dihentikan

Selama orator menyampaikan aspirasinya, sejumlah peserta berisitirahat sambil menikmati konsumsi di bawah cuaca terik Jakarta.

Aksi menyampaikan pendapat berlangsung tertib tanpa kendala berarti dengan tetap dijaga oleh sejumlah personel keamanan.

Sebelumnya, massa aksi bela muslim Uighur berkumpul di depan Kedutaan Besar China untuk menyuarakan protes ke pemerintah China yang dianggap melakukan tindakan respresif ke muslim Uighur di Xinjiang, China Jumat siang.

Baca juga: 800 personel gabungan amankan aksi bela Uighur

Sejumlah anggota keamanan dan pengamanan berupa pagar kawat berduri telah dipasang mengitari areal depan Kedubes China, berikut jajaran mobil-mobil tank dari Polda Metro Jaya telah terparkir di beberapa ruas jalan.

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018